Danurwindo is back! Ini jabatan barunya di PSSI

Kamis, 12 Januari 2017 | 15:09 WIB ET
Danurwindo
Danurwindo

JAKARTA, kabarbisnis.com: PSSI menetapkan Danurwindo sebagai Direktur Teknik. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ade Wellington, mengatakan, selain berpengalaman, Danur dinilai tepat untuk pengembangan pembinaan sepakbola usia muda di Indonesia. Sebelumnya, Danur telah malang-melintang di sepak bola nasional, mulai dari pelatih kelompok usia muda Indonesia, klub, hingga tim nasional.

"PSSI memilih Danurwindo sebagai Direktur Teknik. Selain punya rekam jejak di sepak bola senior hingga tingkat internasional, dia juga pandai dalam pendidikan usia dini," kata Sekjen PSSI, Ade Wellington.

"Baik itu melakukan coaching untuk grassroot maupun penyelenggaraan kompetisi untuk tingkat usia muda. Tentunya nanti juga harus mensinkronkan dengan Timnas. Jadi, Dirtek juga harus bisa memberikan feed back kepada pelatih Timna," tambahnya. 

Danurwindo sendiri mengaku siap mengemban tugas yang dibebankan oleh PSSI. Bahkan, pria berusia 65 tahun ini sudah mempunyai rancangan program yang bakal dilakukan. 

Salah satu fokus yang dilakukan adalah menyetarakan cara latihan antara pemain junior dengan senior.

"Untuk bisa berprestasi kita harus mengetahui level sepak bola kita di mana. ASEAN, Asia, atau bahkan lebih tinggi. Kalau levelnya ASEAN, jelas kita kalah dengan Thailand maupun negara lain. Makanya kita harus tahu dulu posisi kita," katanya.

Dalam tugasnya, Danurwindo juga diharapkan mampu bekerja sama dengan pelatih timnas yang dalam waktu dekat bakal ditentukan. 

Untuk level senior ada dua kandidat yaitu Luis Fernandez dan Luis Milla. Level U-19 ada nama Indra Sjafri atau Wolfgang Pikal dan level U-16 ada nama Fakhri Husaini atau Rudy Eka Priyambada.

Danur berharap pembinaan terus berkesinambungan. "Makanya kita harus memiliki kurikulum. Minta masukan ke pemain untuk menanyakan apa kekurangan kita. Setelah itu kita mau ke mana. Kita juga harus meminta masukan dari pihak luar seperti masalah sport science," bebernya dalam website resmi PSSI. kbc3

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: