'Cars' dijiplak rumah produksi film Tiongkok

Jum'at, 13 Januari 2017 | 11:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kasus meniru desain mobil sudah sering terjadi di Tiongkok. Uniknya, negeri Tirai Bambu tidak hanya kloning mobil. Di sana, film animasi kepunyaan Walt Disney Pictures, Cars, ternyata juga dijiplak.

Tuduhan itu muncul setelah rumah produksi di Tiongkok, Bluemtv dan G-Point membuat film animasi dengan judul "The Autobots". Jika dilihat secara seksama, film tersebut sangat mirip dengan film Cars yang diproduksi Walt Disney dan Pixar Animation.

Bahkan karakter utama di Film The Autobots dibuat mirip dengan karakter utama di film Cars, Lighting McQueen. Tak hanya itu. Karakter Francesco Bernoulli di Cars juga dijiplak dan ditampilkan di poster The Autobots.

Situasi ini membuat Walt Disney dan Pixar Animation menuntut Bluemtv dan G-Point. Usaha mereka tidak sia-sia. Walt Disney dan Pixar Animation menang di pengadilan dan membuat dua perusahaan Tiongkok tersebut kena denda sebesar USD194 ribu atau berkisar Rp2,5 miliar.

Uniknya, sutradara The Autobots, Zhuo Jianrong, mengaku tak bersalah. Zhou menegaskan tidak pernah menonton film Cars dan tak tahu informasi mengenai karakter Lighting McQueen. Ketidaktahuan itu membuat Zhou sempat berencana untuk membuat lanjutan dari The Autobots. kbc10

Bagikan artikel ini: