Ketua MPR dorong anak muda jadi pengusaha

Senin, 16 Januari 2017 | 07:25 WIB ET
Zulkifli Hasan
Zulkifli Hasan

JAKARTA, kabarbisnis.com: Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berharap adanya percepatan lahirnya generasi entrepreneur. Tidak semua harus menjadi dosen atau pegawai negeri. Tetapi harus ada pula yang menjadi pengusaha.

Untuk itu, semua pihak harus mendorong lahirnya usahawan muda, agar perekonomian Indonesia tidak melulu dikuasai orang asing, atau segelintir orang. Tetapi juga bisa dikuasai umat Islam.

Hal itu dikemukakannya di hadapan peserta Rapat Kerja Nasional Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI), di masjid Al Furqon Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Jawa Barat, akhir pekan lalu. "Tidak sepatutnya kita hanya menonton orang lain menjadi pelaku ekonomi. Tetapi kita juga harus bisa menjadi penguasa ekonomi", kata Zulkifli dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/1/2017).

Hanya dengan cara itu, kata Ketua MPR, masyarakat Indonesia bisa menguasai dunia ekonomi dalam negeri yang hingga kini masih dikuasai segelintir orang saja.

"Selain menguasai ekonomi, kita Juga harus merebut kekuasaan. Hanya dengan cara itu, keberadaan dan nasib umat Islam bisa ditingkatkan", kata Zulkifli Hasan menambahkan.

Dia menyayangkan keputusan pemerintah yang menaikkan sejumlah tarif di awal tahun 2017. Keputusan tersebut menurut Zulkifli memberatkan masyarakat, karena ditetapkan pada saat yang kurang tepat.

Semestinya kata Ketua MPR, pemerintah bisa lebih bersabar, hingga kondisi ekonomi masyarakat lebih baik. Sehingga efek dari kenaikan listrik, BBM hingga pembuatan STNK, tidak terasa begitu memberatkan bagi masyarakat. Karena itu dia berharap pemerintah bisa menahan diri. Lalu, mau menunda kenaikan tarif hingga waktu yang lebih baik.

"Saat ini waktunya kurang tepat, karena kondisinya tidak mendukung, dan hanya menambah berat beban hidup masyarakat. Kita tunggu sampai kondisi masyarakat lebih siap, apalagi menaikkan tarif ini sungguh sangat tidak sejalan dengan upaya mengurangi kesenjangan", kata Zulkifli lagi. kbc10

Bagikan artikel ini: