Penjualan PC kian meredup

Senin, 16 Januari 2017 | 10:55 WIB ET

CALIFORNIA, kabarbisnis.com: Penurunan penjualan PC sudah menjadi rahasia umum saat ini. Namun menurut riset terbaru, penjualan personal computer (PC) baru saja menyentuh rekor terburuk di 2016. Penetrasi yang dilakukan pemain tablet dan smartphone dinilai menjadi musababnya.

Menurut data dari firma riset IDC dan Gartner, pengapalan PC mengalami penurunan selama lima tahun berturut-turut. Tercatat, hanya ada 260 juta PC yang dikapalkan ke pengguna.

Gartner percaya bahwa pasar PC mengalami stagnasi penjualan. Sebab, penggemar PC tidak cukup besar untuk mendorong pertumbuhan pasar secara keseluruhan. Demikian seperti dikutip dari The Verge, Jumat (13/1/2017).

IDC di sisi lain berpikir bahwa pasar PC stabil dan siap tumbuh di 2017. "Hasil kuartal keempat memperkuat harapan. Kita memiliki kesempatan yang baik untuk pertumbuhan PC tradisional di pasar komersial," jelas pernyataan IDC.

Penurunan penjualan PC memang telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Para analis memprediksi bahwa kematian PC akan semakin dekat. kbc10

Bagikan artikel ini: