Volatilitas naik, peluang trading di pasar keuangan meningkat

Selasa, 17 Januari 2017 | 09:37 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Meningkatnya volatilitas harga komoditas dan nilai tukar mata uang asing di pada awal tahun 2017 ini membuka peluang emas bagi pelaku industri pasar keuangan untuk memanfaatkan peluang tersebut menjadi keuntungan finansial.

CEO dan CO Founder Tradeworks, Mikael Breinholst, mengatakan fluktuatifnya nilai tukar mata uang, pelemahan harga emas, dan berubahnya harga minyak mentah bisa dimanfaatkan bagi pelaku pasar menangguk untung.

“Peluang tetap ada dari situasi apapun., dan hanya orang kreatif saja yang mampu mengolah peluang dari situasi sulit menjadi keuntungan,” katanya saat menjadi pembicara seminar Tradeworks Advance yang diselenggarakan perusahaan pialang berjangka, Monex Investindo Futures (Monex) di Surabaya, Senin (16/1/2017).

Mikael menambahkan, situasi politik dan ekonomi dunia akhir-akhir ini menghadirkan banyak kejutan yang mempu menggairahkan pasar. Setelah sebelumnya pasar keuangan dunia dikejutkan hasil referendum British Exit (Brexit), pasar dikejutkan lagi dengan terpilihnya Donald Trump sebagai presiden baru Amerika Serikat. Kemenangan Donald Trump yang tidak diunggulkan dalam Pilpres AS tahun lalu membuat pasar keuangan dunia bergejolak, ditandai dengan menguatnya mata uang dolar AS.

Di awal tahun ini, nilai tukar mata uang Euro jatuh menjadi 1.0590 per dollar AS dari 1.0729 dollar AS pada kurs akhir tahun lalu. Hal yang sama juga terjadi pada mata uang Poundsterling yang merosot ke 1.2072 dollar AS dari 1.2491 per dollar AS pada akhir tahun lalu.

Pada sektor komoditas, pergolakan harga juga terjadi seiring menurunnya harga emas dunia serta masih volatilnya harga minya mentah dunia. “Ini juga jadi peluang emas bagi investor dan pelaku jasa keuangan untuk mengambil keuntungan,” jelas Mikael Breinholst. kbc8

Bagikan artikel ini: