Siap-siap gagal fokus! Tina Talisa jadi moderator debat II Pilkada DKI

Selasa, 24 Januari 2017 | 17:07 WIB ET
Tina Talisa
Tina Talisa

JAKARTA, kabarbisnis.com: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta akan kembali menggelar debat kandidat pemilihan kepala daerah DKI Jakarta. Berbeda dengan debat sebelumnya, kali ini akan ada dua moderator yang memandu jalannya debat.

Komisioner KPU Jakarta Betty Epsilon Idroos mengatakan dipilihnya dua moderator tujuannya untuk membangun suasana dalam debat. “Supaya bisa memberikan penyegaran,” kata Betty, Senin (23/1/2017).

Dua orang yang sudah dipilih KPU adalah Eko Prasojo dan Tina Talisa. Betty menjelaskan, dipilihnya Eko dan Tina lantaran keduanya dianggap telah memenuhi semua persyaratan seperti integritas, kapasitas, independen. Selain itu, keduanya juga telah disetujui oleh panitia dan seluruh tim pemenangan pasangan calon.

Eko, kata Betty, akan bertugas sebagai moderator dan Tina sebagai pendamping. “Keduanya akan bekerja sama dalam menyampaikan pertanyaan kepada pasangan calon,” ujarnya.

Eko adalah mantan Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan juga guru besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia. Sedangkan, Tina merupakan presenter TV dan mantan finalis Puteri Indonesia 2003.

Selain penambahan moderator, durasi debat juga ditambah. Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan durasi debat bakal ditambah 30 menit menjadi 120 menit. Sebelumnya, durasi debat hanya 90 menit. “Jadi nanti mulainya lebih awal pukul 19.30 WIB dan selesai pada pukul 22.00 WIB,” kata dia.

Penambahan waktu debat itu, kata Sumarno, supaya pasangan calon bisa menyampaikan gagasan lebih mendalam. Adapun tema yang akan dibahas adalah reformasi birokrasi-pelayanan publik dan pentaan kawasan kota. Lokasi debat kedua masih sama seperti debat pertama di Gedung Bidakara, Jakarta Selatan. kbc10

Bagikan artikel ini: