Di Jatim, XL fokus perluas jaringan di pantura dan jalur selatan

Sabtu, 4 Februari 2017 | 10:35 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Operator seluler, PT XL Axiata Tbk (XL) akan fokus memperluas jangkauan jaringan di wilayah pantai utara dan jalur selatan Jatim pada 2017. Vice President XL East Region, Desy Sari Dewi, mengatakan daerah-daerah yang menjadi fokus pengembangan jaringan XL di Jatim tahun ini diantaranya daerah tapal kuda, jalur selatan dan kota-kota penyangga Surabaya.

“Kami akan terus fokus memperluas jaringan XL di wilayah-wilayah yang selama ini belum tercover jaringan XL. Untuk peluasan jaringan kami akan membangun BTS baru yang bisa melayani pelanggan di wilayah tersebut,” katanya kepada wartawan di Surabaya, Jumat (3/2/2017).

Ia menambahkan, tahun 2017 ini, XL East Region yang membawahi wilayah Jatim, Bali dan Nusa Tenggara akan menambah sedikitnya 1.500 BTS baru untuk memperluas jangkauan jaringan. BTS baru tersebut berteknologi 3G dan 4G.

Selain mengembangkan BTS 3G dan 4G, XL juga mulai menggelar ujicoba jaringan berbasis teknologi 4,5G. Untuk jaringan 4,5G XL mengimplementasikan teknologi 4x4 MIMO dengan menggandakan jumlah cabang antena BTS dari 2x2 menjadi 4x4 telah diimplentasikan di Jabotabek, Bandung, kota-kota di Jawa Tengah, DIY, Surabaya dan Denpasar.

Disamping perluasan jaringan, XL tahun ini fokus untuk meningkatkan jumlah recurring customer atau pelanggan yang tetap berlangganan layanan minimal selama 3 bulan. Desy mengatakan tingkat churn rate atau kartu hangus memang masih cukup tinggi khususnya untuk pelanggan data.

“Pengguna kartu perdana paket data rata-rata hanya menggunakan nomor sekali saja lalu dibuang dan berganti nomor baru. Ini yang akan kami tekan, salah satunya dengan mengelurkan layanan-layanan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan,” tuturnya.

Salah satu layanan yang akan dioptimalkan tahun ini adalah Customer Value Management (CVM) dimana XL akan memberikan apresiasi khusus kepada pelanggan loyal. kbc8

Bagikan artikel ini: