Kantongi Rp1 triliun, PT INKA siap bangun pabrik baru

Kamis, 09 Februari 2017 | 17:38 WIB ET

MADIUN, kabarbisnis.com: PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT INKA mendapatkan suntikan modal dari pemerintah senilai Rp 1 triliun. Sebesar Rp 400 miliar akan digunakan untuk pengembangan internal. Sementara sisanya akan digunakan untuk membangun pabrik baru di Jawa Timur.

Hal ini diungkapkan oleh Senior Manager Secretary Public Relation & CSR PT INKA, Cholik Mochamad Zam-Zam, Rabu (8/2/2017). "Pendirian pabrik baru diperlukan agar target pendapatan Rp 2,6 triliun dalam beberapa tahun mendatang bisa tercapai," kata dia.

PT INKA mengusulkan dua lokasi pabrik baru, yakni di Panarukan-Situbondo dan di Banyuwangi. Dua lokasi yang diusulkan sudah dilakukan survei dan tinggal menunggu persetujuan dari pemerintah.

Dua lokasi itu menjadi pilihan sebab dekat pelabuhan dan tanahnya murah. Pabrik baru PT INKA akan memproduksi kereta api yang diekspor dan kereta api berpenggerak.

Diperkirakan pabrik baru PT INKA bisa menyerap sekitar 4.000 pegawai. Pabrik baru ini ditargetkan rampung pada 2018. Sementara saat ini pabrik PT INKA di Madiun memproduksi pesanan kereta khusus dalam negeri seperti kereta barang dan kereta penumpang biasa. kbc10

Bagikan artikel ini: