Punya lahan terbatas, manfaatkan saja berbisnis agrobisnis

Selasa, 21 Februari 2017 | 10:03 WIB ET

DI SAAT sejumlah harga bahan pangan yang mengalami kenaikan seperti saat ini, salah satu peluang bisnis yang menjanjikan adalah dengan mengembangkan usaha agrobisnis.

Agrobisnis adalah memanfaatkan peluang usaha dengan memanfaatkan lahan di sekitar kita atau bisa disebut juga bisnis pertanian. Jadi tanaman yang di tanam tidak hanya di maksudkan untuk membuat lingkungan menjadi hijau. Namun juga di manfaatkan dari segi bisnis. Yakni tanaman tersebut di jual dan di pasarkan kepada masyarakat.

Berbeda dengan pertanian biasa, agrobisnis biasanya di kelola sedemikian rupa sehingga terlihat menarik. Sehingga pertanian agrobisnis bisa juga di jadikan sebagai objek wisata. Wisatawan bisa melihat keindahan pertanian sambil memetik buah-buahan atau sayuran sendiri.

Menjalani bisnis di bidang agrobisnis ini tidak selalu memerlukan lahan yang luas. Di lahan yang sempit pun Anda bisa menjalankan bisnis ini. Yang terpenting adalah Anda mampu mengelolanya dengan baik agar terlihat indah dan juga agar potensial dari sisi nilai ekonominya.

Lalu bagaimana memanfatkan peluang usaha di bidang agrobisnis dengan luas lahan yang terbatas? Ada banyak sekali solusi dan cara untuk permasalahan ini. Langsung saja ikuti uraian penjelasan mengenai peluang usaha agrobisnis di lahan sempit di bawah ini.

Membuat Kebun Vertikal

Cara pertama dalam memanfaatkan peluang usaha di bidang agrobisnis dengan luas lahan yang terbatas adalah dengan membuat kebun vertikal. Seperti apa sih kebun vertikal itu? Kebun vertikal adalah sebuah media tanam yang di buat secara vertikal yang berdiri tegak dari atas ke bawah. Anda bisa menggunakan botol bekas yang di gantungkan untuk membuat kebun vertikal ini. Anda juga bisa membuat sebuah media tanam dari kayu yang berisi tanah yang di sangga sedemikian rupa agar tidak terjatuh, lalu media tanam tersebut di sandarkan pada dinding dan jadilah sebuah kebun vertikal. Atau Anda juga bisa menempelkan pot-pot pada dinding rumah untuk membuat kebun vertikal. Sebenarnya ada begitu banyak cara untuk membuat kebun vertikal ini. Anda bisa berkreasi sedemikian rupa tergantung pada kreativitas Anda. Hal terpenting adalah Anda sudah memahami betul bagaimana konsep dari kebun vertikal ini. Salah satu kebun vertikal seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Gambar di atas merupakan tanaman strawberry yang di tanam dalam pot yang di susun secara vertikal. Selain menghemat tempat lahan yang sempit, penataan kebun vertikal seperti gambar di atas membuat kesan kebun yang rapi dan indah. Membuat siapapun yang melihat tergoda untuk berkeliling kebun vertikal dan ingin memetik strawberry tersebut.

Membuat Media Rambat

Salah satu solusi cerdas dalam mengatasi lahan yang sempit adalah Anda bisa menanam tanaman yang merambat. Sehingga keberadaan tanaman tersebut tidak memakan tempat. Oleh karena itu sediakan media sebagai tempat tanaman Anda merambat. Selain itu, dengan adanya media rambat tanaman Anda lebih mudah untuk di panen atau di petik. Salah satu contohnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Dua cara memanfaatkan peluang usaha agrobisnis di lahan sempit sudah di sampaikan. Selanjutnya tergantung bagaimana mengaplikasikan kedua cara yang telah di bahas pada uraian di atas. Mungkin Anda mempunyai ide atau solusi yang lebih unik dan menarik untuk menjalankan usaha di bidang agrobisnis di lahan terbatas ini. (ayopreneur)

Bagikan artikel ini: