Rincian babak delapan besar Piala Presiden 2017

Rabu, 22 Februari 2017 | 11:13 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Piala Presiden 2017 kini memasuki babak 8 besar. Dari 20 tim profesional teratas di Tanah Air, hanya 8 tim yang berhak melanjutkan langkahnya ke Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, pada 25 dan 26 Februari 2017 mendatang.

Delapan tim itu sendiri terdiri dari 5 tim yang finis sebagai juara grup dan 3 tim terbaik di peringkat 2 klasemen akhir fase grup. Mereka adalah Mitra Kukar (juara Grup A), Arema FC (juara Grup B), Persib Bandung (juara Grup C), Pusamania Borneo FC (juara Grup D), Semen Padang (juara Grup E), Persegres Gresik United (peringkat 2 Grup A), Bhayangkara FC (peringkat 2 Grup B), dan Sriwijaya FC (peringkat 2 Grup D).

Jelang digulir, 8 tim tersebut lebih dulu menjalani undian untuk menentukan lawan yang akan dihadapi di babak 8 besar. Undian digelar di The Parklane Hotel, Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Selasa (21/2) pukul 15.00 WIB.

Dalam proses undian yang dipimpin Ketua Panitia Piala Presiden 2017 Iwan Boedianto, 8 tim itu dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama dihuni para juara grup dan kelompok ke-2 diisi tim yang menyandang status sebagai 3 tim peringkat 2 terbaik.

Penentuan 3 tim peringkat 2 terbaik tak berbeda jauh dengan penentuan posisi sebuah tim di klasemen sesuai Regulasi Piala Presiden 2017. Tolok ukurnya dimulai dari koleksi poin, selisih gol, produktivitas mencetak gol, dan jika terdapat 2 tim yang membukukan catatan serupa maka akan dilakukan proses undian. Hal itu sesuai dengan kesepakatan yang dicapai dalam rapat antarmanajer di DI Yogyakarta pada 4 Februari 2017.

Karena jumlah tim di 2 kelompok itu tidak sama, maka dipastikan 1 dari 4 laga di Babak 8 Besar Piala Presiden 2017 akan mempertemukan 2 tim yang keluar sebagai juara grup. Dan, atas pertimbangan teknis, Mitra Kukar sebagai juara Grup A diputuskan bergabung dengan kelompok ke-2, yakni 3 tim terbaik peringkat 2 klasemen akhir fase grup. Pasalnya, ketimbang 4 tim lain yang sama-sama berstatus juara grup, perolehan poin tim berjuluk Naga Mekes itu paling rendah.

Hasilnya, sesuai hasil undian, Babak 8 Besar Piala Presiden 2017 di Stadion Manahan, 25 dan 26 Februari 2017, akan mempertemukan Pusamania Borneo FC dengan Madura United, Persib Bandung kontra Mitra Kukar , Semen Padang lawan Bhayangkara, dan Arema FC akan ditantang Sriwijaya FC.

Skema hasil undian ini berlaku hingga laga semifinal dan final. Artinya, tim yang keluar sebagai pemenang di laga pertama dan ke-3 akan bermain sebagai tuan rumah di leg I Semifinal Piala Presiden 2017. Sementara pemenang laga ke-2 dan ke-4 di laga pertamanya di semifinal akan berstatus tim tamu. kbc9

Bagikan artikel ini: