Mau dirikan startup? Simak tips dari Sandiaga Uno ini

Sabtu, 25 Februari 2017 | 18:01 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Wakil pendiri Angel eQ Network, Sandiaga Uno, turut memberikan tips untuk masyarakat Indonesia yang memiliki keinginan untuk membangun perusahaan rintisan berbasis teknologi atau startup.

Menurutnya, dalam membangun startup, seseorang harus terlebih dahulu memiliki keyakinan bahwa potensi di bidang teknologi dan digital sangat luas. Indonesia sendiri, dikatakan Sandi, memiliki pangsa pasar yang terus berkembang dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Oleh karena itu, ia pun berpendapat bahwa nantinya Indonesia akan terus mencari startup yang dapat memberikan solusi dalam menangani permasalahan di lingkungan sekitar.

"Indonesia sendiri punya pangsa pasar yang terus berkembang dan pasar ini akan terus berevolusi untuk terus mencari startup baru yang memiliki solusi bagi permasalahan yang ada di sekitar kita," ungkap Sandi usai mengisi seminar di Local Startup Fest, kemarin.

Sementara untuk mendukung perkembangannya, perlu adanya ekosistem yang baik berupa pemberian mentoring atau pendampingan, pelatihan, dan pendanaan.

Dengan adanya pemanfaatan teknologi tersebut, pemilik bisnis konvensional pun diharapkan dapat memiliki penyesuaian untuk menggunakan sistem digital.

"Ini hanya berbicara waktu bahwa semua bisnis akan beralih ke digital. Oleh karena itu yang berbisnis konevensional kita harus punya angle digital dan teknologi agar tidak kalah dengan perusahaan yang sudah lebih dulu menerapkannya," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: