Kerja di rumah tak jadi soal, nih caranya biar optimal

Kamis, 09 Maret 2017 | 09:22 WIB ET
(Istimewa)
(Istimewa)

Dewasa ini, pekerjaan seakan tak lagi mengenal ruang dan waktu. Terlebih dengan perkembangan teknologi dan gaya hidup, bekerja tak lagi harus dilakukan di kantor. Menyelesaikan pekerjaan di cafe, meeting di kedai kopi, hingga bekerja sambil mengasuh anak di rumah? Hal-hal tersebut mulai lazim dilakukan saat ini. Bagi pelakunya, yang penting adalah bisa menjaga keseimbangan antara bekerja dan hidup sehari-hari. Tak jarang, justru malah sulit membagi waktu antara bekerja dan kehidupan pribadi karena keduanya seakan dilakukan dalam satu waktu. Agar bisa optimal, beberapa tips ini bisa dilakukan.

1. Berpakaian rapi

Pakaian yang rapi membantu Anda untuk menciptakan mindset dan atmosfer untuk bekerja. Bekerja di rumah, bukan berarti bebas bekerja dengan memaai baju tidur. Meskipun nyaman, namun hal tersebut tidak baik untuk produktivitas. Bukan berarti Anda harus mengenakan jas, sepatu hak tinggi, dan semacamnya. Kenakan pakaian seperti Anda akan pergi ke luar rumah.

2. Ruang kerja

Seperti pakaian, membuat area khusus untuk bekerja sangat membantu untuk menciptakan suasana kerja yang produktif. Ketika Anda sedang berada di ruang kerja tersebut, berlaku lah Anda seakan sedang berada di luar rumah dan memang sedang di kantor. Bukan hanya Anda yang harus berperilaku seperti di kantor. Usahakan semua orang di rumah juga menghargai "kantor" Anda.

3. Berkomunikasi secara efektif

Bekerja di rumah bisa mengganggu komunikasi dengan tim dan struktur kantor. Maka, sangat penting untuk bisa berkomunikasi secara efektif dengan mereka. Jika memang tak memungkinkan untuk bertemu langsung, berkomunikasi melalui telepon maupun aplikasi instant messaging bisa menjadi pilihan untuk tetap menjaga komunikasi antartim.

4. Tentukan prioritas waktu

Kebanyakan orang yang bekerja dari rumah, menginginkan waktu yang lebih untuk keluarga mereka, tanpa mengurangi waktu bekerja. Pada prakteknya, hal tersebut bisa menjadi sangat menantang untuk bisa membagi waktu secara ideal. Salah satu kuncinya adalah menentukan prioritas waktu untuk bekerja dan keluarga. Taati waktu yang telah diprioritaskan, sehingga keseimbangan waktu antara kerja dan hidup sehari-hari tetap terjaga.

5. Istirahat

Salah satu kendala yang sering dihadapi ketika bekerja di rumah adalah justru terasa seperti terjebak di pekerjaan. Ketika tidak ada sesuatu yang mengharuskan untuk keluar rumah, Anda mungkin akan berada di dalam rumah. Ketika Anda sudah mulai terjebak dalam rutinitas bekerja di rumah, ambillah beberapa waktu untuk beristirahat untuk sekedar berjalan-jalan atau makan siang di luar agar pikiran kembali fresh. Siapa tahu Anda akan mendapatkan inspirasi dan bisa memulai sesuatu yang baru untuk bisnis Anda.

6. Tentukan waktu "off"

Bekerja di rumah mungkin membuat jam kerja Anda seperti tanpa batas. Anda bisa bekerja sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Ketika Anda terjebak dalam situasi tersebut, keseimbangan waktu untuk bekerja dan keluarga yang Anda awalnya harapkan, akan semakin sulit terwujud. Berilah pengertian kepada tim Anda mengenai jam kerja Anda. Memberikan email atau nomor khusus untuk situasi penting di luar jam kerja juga cukup membantu. Kondisikan pikiran Anda untuk tidak terlalu merisaukan email atau pesan yang masuk di luar jam kerja yang telah ditentukan.

7. Waktu transisi

Luangkan waktu sebagai transisi waktu untuk bekerja dan waktu untuk keluarga. Dengan adanya waktu transisi tersebut, pikiran Anda akan menyesuaikan dari waktu bekerja menjadi waktu yang didedikasikan untuk keluarga. Tak perlu lama, cukup 10 menit untuk sekedar minum teh, meditasi, atau berjalan-jalan di luar rumah mencari udara segar. kbc3

Bagikan artikel ini: