Modal startup pas-pasan yang pas

Kamis, 09 Maret 2017 | 16:34 WIB ET
(istimewa)
(istimewa)

Memulai sebuah bisnis membutuhkan pengeluaran modal yang cukup besar sebelum bisa menghasilkan keuntungan. Pasti ada beberapa sektor yang mengharuskan untuk mengeluarkan kocek di awal usaha, namun kadang kurang diantisipasi. Ada beberapa cara untuk mengecilkan biaya startup sekaligus sedikit melonggarkan budget Anda.

Rancang budget dan taati

Sebuah cara sederhana untuk berhemat dalam bisnis adalah dengan menentukan batas uang yang dibelanjakan dan dikeluarkan. Terkadang, pebisnis pemula lupa untuk memiliki sebuah rencana keuangan. Tentukan periode waktu untuk mereview kondisi dan perkembangan keuangan usaha untuk memantau pertumbuhan bisnis. Hitung juga gaji Anda sendiri sehingga Anda terpacu untuk menaati budget yang telah dirancang.

Fleksibel

Budget telah dirancang dengan baik, namun pada prakteknya jarang sekali bisnis yang berjalan mulus sesuai dengan rencana. Selalu ada halangan di tengah perjalanan. Di awal memulai bisnis, dengan banyaknya kebutuhan yang harus dikeluarkan, menyebabkan budget menjadi kurang fleksibel. Singkirkan ego dan ambil opsi-opsi yang bisa diambil untuk jangka pendek. Misalnya, menyewa virtual office dan menggunakan jasa freelancer hingga mampu untuk memiliki kantor dan pegawai tetap. Juga harus siap jika ternyata rencana yang dieksekusi harus tertunda atau membutuhkan waktu lebih lama dari yang direncakanan.

Murah, tapi bukan murahan

Jika mau telilti, pasti ada bagian yang bisa mengurangi pengeluaran dan sedikit berhemat. Hati-hati dengan tawaran gratisan, terlebih untuk hal-hal yang vital seperti software, website, dan sebagainya. Untuk sektor-sektor yang penting, lebih baik gunakan layanan berbayar. Demikian pula untuk item-item berharga murah. Semakin rendah harga bisa jadi semakin rendah kualitas, sehingga Anda harus mengganti atau memperbaiki item yang rusak yang hasilnya justru lebih mahal. Harga yang murah juga kadang memunculkan imej kurang professional.

Evaluasi lagi dan lagi

Setelah merancang budget dan melakukan penghematan di sana-sini, langkah yang tak kalah penting adalah memastikan semua pengeluaran selaras dengan pertumbuhan bisnis. Mintalah saran terkait dengan keuangan kepada akuntan atau pemilik bisnis lain. Ambil dan terapkan yang sesuai dengan kondisi bisnis Anda. Periksa laporan laba dan rugi setiap bulan, teliti setiap angka di laporan tersebut. Sesuaikan rencana budget Anda berdasarkan laporan keuangan. kbc2

Bagikan artikel ini: