Kegagalan bukanlah akhir, begini pemimpin hebat bangkit dari kegagalan

Senin, 13 Maret 2017 | 07:39 WIB ET

Banyak pengusaha sukses merasakan lebih dulu jatuh dan gagal sebelum mereka bangkit. Tak sedikit pula yang salah mengambil langkah atau keputusan dalam bisnisnya. Namun, apa yang menjadi pembeda bagi mereka adalah bagaimana para orang-orang sukses itu memberikan respon setelah mereka membuat kesalahan. Bahkan, kegagalan disebut sebagai sebuah pelajaran penting dari perkembangan usaha. Karena dari kegagalan itu lah mereka belajar untuk bangkit dan berinovasi. Ketika Anda membuat kesalahan dan gagal, ada beberapa jalan agar Anda bisa bangkit lagi.

Positif terhadap kegagalan

Ubah mindset bahwa kegagalan adalah bagian dari proses pembelajaran, meskipun banyak orang yang tidak berpikir. Namun, nyatanya, kegagalan sama berharganya dengan kesuksesan itu sendiri. Jangan sampai kegagalan membuat Anda berkecil hati terhadap kemampuan Anda. Justru buat kegagalan untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda karena pengalaman itu menjadikan Anda sebagai entrepreneur yang lebih lagi. Ingat juga, bagaimana Anda menyikapi kegagalan dan kesalahan akan mempengaruhi bawahan kinerja Anda.

Minta maaf dan akui kesalahan

Akui kesalahan yang telah Anda buat dan cari solusi untuk mengatasinya. Tak perlu mencari alasan atau menyalahkan orang lain. Tak perlu juga menyebarkan perihal kesalahan tersebut, namun jika ada yang harus tahu mengenai kesalahan tersebut, sebaiknya Anda mengatakan langsung, bukan dari pihak lain. Sebagai pemimpin, Anda perlu menciptakan suasana yang kondusif di saat tim Anda melakukan kegagalan sekalipun. Pemimpin yang baik akan bertanggung jawab atas kesalahan yang dibuat anak buahnya, namun bukan berarti menerima kesalahan. Biarkan para pekerja bertanggung jawab atas kesalahan mereka dan beri kesempatan untuk memperbaikinya. Jangan permalukan mereka, namun jadikan hal itu sebagai pengalaman.

Perbaiki kesalahan Anda

Jangan cuci tangan dari situasi dan kesalahan yang terjadi. Sudah sepatutnya Anda ikut membantu tim untuk bangkit dan mencar solusi. Lakukan apa yang Anda bisa lakukan untuk mencegah kerusakan yang lebih besar. Jika ada kerugian finansial, cobalah untuk memulihkan segera. Jika ada hubungan yang terganggu, segera minta maaf dan coba untuk mengembalikan kepercayaan.

Cari tahu apa yang salah

Hanya dengan belajar dari kegagalan Anda bisa mengurangi peluang terjadinya kesalahan yang sama. Sebuah transparansi akan memberikan solusi terbaik, pemahaman, dan komitmen untuk berubah.

Move on

Hal terburuk yang dilakukan seorang pemimpin adalah menyerah ketika gagal. Ketika gagal, seluruh komponen tim pasti membutuhkan motivasi untuk bangkit kembali. Itu lah tugas seorang pemimpin untuk memulai usaha untuk kembali bangkit. Kegagalan memang akan menimbulkan dampak dan kerugian, namun bagaimana Anda bereaksi terhadap kegagalan itu, itulah yang akan menentukan Anda dan bisnis Anda untuk kembali bangkit mengatasi kegagalan. kbc1

Bagikan artikel ini: