Temui Jokowi, bos Toyota janji investasi di RI Rp25 triliun hingga 2019

Selasa, 14 Maret 2017 | 07:59 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Presiden Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda, di Istana Merdeka, Senin (13/3/2017). Pertemuan itu sebagai upaya peningkatan komitmen investasi pabrikan mobil asal Jepang di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, di Komplek Istana, Jakarta, Senin (13/3/2017).

Selain investasi, Airlangga mengatakan, Toyota Motor Corporation juga berkomitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam pelatihan vokasional.

"Jadi mereka mendorong akan ada magang 6 bulan itu, jadi sejalan vokasional traning. Kemudian investasi dari Rp 20 triliun dalam 5 tahun, menjadi Rp 25 triliun," kata Airlangga.

Selain itu, dibahas pula tentang rencana pabrikan mobil asal Jepang itu soal rencana pengembangan mobil listrik.

"kemudian juga bapak presiden menanyakan perkembangan mobil listrik, ini kalo listrik banyak kendala, mungkin ke hybrid ini akan dikembangkan, ini akan diberikan fasilitas bea masuk akan diturunkan, kemudian pajak barang mewah diturunkan sehingga masyarakat memiliki opsi kendaraan ramah lingkungan," tambahnya.

Airlangga mengungkapkan, peningkatan investasi yang akan dilakukan Toyota Motor Corporation akan dilakukan sampai 2019. Saat ini, investasi telah mencapai Rp 18 triliun.

"Jadi kita kejar Rp 7 triliun lagi. Jadi Rp 5 triliun ini tambahan ada beberapa, seperti mereka sedang mendorong research and development, dan lain-lain di Indonesia," tandasnya.

Toyoda menemui Jokowi didampingi oleh Senior Managing Officer Toyota, Shigeru Hayakawa, Presdir PT Toyota-Asta Motor Hiroyuki Fukui dan Wakil Presiden Toyota-Astra Motor Henry Tanoto. kbc10

Bagikan artikel ini: