Mau mencoba bisnis tanpa modal? Ini pilihannya

Rabu, 22 Maret 2017 | 13:33 WIB ET

SUKSES menjalankan bisnis ternyata tidak harus dimulai dengan menggelontorkan modal dalam jumlah besar. Nyatanya, banyak peluang usaha yang bisa dimulai dengan memanfaatkan kemampuan dan sumber daya yang ada.

Tak menutup kemungkinan, memulai bisnis dengan hal kecil bisa membuat Anda sukses besar. Apa saja peluang bisnis yang bisa Anda coba? Berikut ulasannya:

1. Kerajinan tangan

Salah satu bisnis yang bisa dimulai tanpa harus mendapat modal yang besar adalah kerajinan tangan. Anda cukup memanfaatkan kreativitas Anda untuk merubah sebuah barang menjadi kreasi seni bernilai tinggi.

2. Jasa rumahan

Bentuk dari menawarkan jasa rumahan ini berbagai macam. Anda bisa menjadi seorang baby sitter panggilan, pengasuh hewan peliharaan atau bahkan membantu pekerjaan rumah tetangga. Semua bisa dicoba tergantung kesiapan yang Anda punya.

3. Bisnis online

Jika Anda memiliki ketertarikan di dunia online, tak ada salahnya untuk memanfaatkan hal ini sebagai ladang bisnis. Salah satu caranya adalah membuat blog.

Blog tersebut bisa berisi hal apapun yang Anda kuasai. Jika blog Anda memiliki traffic pengunjung yang tinggi, besar kemungkinan ia menjadi sumber penghasilan Anda.

4. Menjadi konsultan

Pilihan lain yang bisa Anda pakai untuk memulai berbisnis tanpa modal adalah menjadi seorang konsultan. Anda bisa memanfaatkan latar belakang pendidikan dan kemampuan yang dimiliki untuk menawarkan jasa seorang konsultan.

5. Menjadi reseller

Banyak toko ritel dan perseorangan yang mengadopsi hal ini. Menjadi reseller berarti Anda menjual barang yang diproduksi oleh orang lain. Dengan menjual ini, Anda bisa mendapat untung dari barang yang Anda jual.

6. Sharing economy

Bentuk bisnis jenis ini sedang populer di kalangan masyarakat. Sharing economy merupakan konsep bisnis yang memberikan akses terhadap sumber daya yang dimiliki perseorangan. Contoh penerapannya adalah dengan memanfaatkan mobil untuk menjadi supir Uber, atau merentalkan rumah di aplikasi AirBnB. kbc10

Bagikan artikel ini: