Di Korsel, calon pembeli Tesla harus antre test drive hingga enam bulan

Sabtu, 25 Maret 2017 | 19:53 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Baru merambah pasar Korea Selatan, Tesla rupanya mampu menggaet banyak calon konsumen. Dan pabrikan mobil listrik itu tidak melepas kesempatan untuk mengembangkan pasar globalnya.

Dua showroom dibuka berturut-turut pada pekan lalu. Show room pertama di kota Hanam pada Rabu, lalu showroom kedua diresmikan di distrik Gangnam, Jumat pekan lalu. Ekspansi Tesla ke Korea Selatan ini dilakukan setelah peresmian dealer di Selandia Baru dan Uni Arab Emirates.

Hanya satu model yang akan dipasarkan yaitu Model S 90D, sedan saloon mewah dengan sistem penggerak empat roda yang digerakkan dua motor. Menurut Tesla, sedan ini sudah terjual lebih dari 100.000 unit diseluruh dunia.

Nanti ditiap showroom disediakan 10 unit mobil test drive. Kesempatan tes diberikan selama 20 - 30 menit. Dan peminat tes begitu banyak sampai daftar antriannya mencapai 6 bulan. Lebih lama daripada menunggu mobilnya sendiri yang butuh waktu 3 bulan sejak pemesanan sampai dikirim ke rumah pembeli.

Mungkin karena itu, ada konsumen mobil yang sudah membayar uang muka mobil sehara 121 juta Won (USD 107.000) sebelum melakukan ujicoba. Mobil buatan California yang bisa melesat dalam senyap ke 100 km dalam 4.4 detik itu akan dikirim ke garasi mereka di bulan Juni.

Di Korea Selatan, Tesla akan menyapa mobil listrik Hyundai Ioniq, BMW i3, Chevrolet Bolt dan Renault Samsung SM3 Z.E.

Korea Selatan berhasil menuntaskan persoalan terbesarnya yaitu regulasi dan infrastruktur. Kini mereka telah memiliki 294 charging stations di Seoul saja. Total diseluruh negeri mencapai 2526 titik isi ulang listrik. Pemerintah Korea Selatan berharap pada tahun ini ada 14.000 mobil listrik yang dibeli konsumenn.

masa depan yang cerah untuk mobil-mobil listrik karena konsumen negeri ginseng itu semakin peduli lingkungan. Namun harga Tesla cukup premium, setara dengan Porsche Panamera dinegara itu, sementara Hyundai Ioniq dan Renault Samsung SM3 harganya hanya 38 juta won (USD 33,600) atau sepertiganya. Namun membuka dua dealer secara beruntun, mengindikasikan Tesla melihat peluang besar dibalik horizon. kbc10

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: