Republik Ceko jajaki kerja sama dengan PJB

Kamis, 30 Maret 2017 | 05:52 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Doosan Skoda Power, perusahaan dari Republik Ceko menjajaki kerja sama di bidang pembangkitan dengan PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB). Delegasi Doosan Skoda Power didampingi Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia  Ivan Hotek  melakukan diskusi langsung dengan Direksi PT PJB di Surabaya. Pembicaraan tahap awal tersebut membahas potensi kedua perusahaan yang dapat dilanjutkan dalam bentuk kerja sama.

Duta Besar Republik Ceko Ivan Hotek menyatakan banyak potensi di bidang energi yang dapat dikerjasamakan antara Ceko dengan Indonesia. Kedatangannya ke PT PJB merupakan salah satu upaya untuk menjembatani diskusi profesional antara perusahaan di kedua negara. Ivan berharap agar diskusi yang dilakukan antara PT PJB dengan  Doosan Skoda Power  bisa menghasilkan kerja sama yang menguntungkan kedua belah pihak. 

Ivan mengatakan, mengenal PT PJB terutama dari pengembangan green energy. Hasil pertemuan hari ini akan segera disampaikan kepada Menteri ESDM Ignatius Jonan. Untuk mendapatkan gambaran bagaimana pengelolaan pembangkit di lingkungan PT PJB,  delegasi juga mengunjungi Unit Pembangkitan Gresik.

Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara menyambut baik kunjungan dan penjajakan kerjasama yang dilakukan oleh Republik Ceko. "PJB menyambut baik keingknan mereka untuk bekerjasama," ujar Iwan dalam rilis yang diterima kabarbisnis.com, Surabaya, Rabu (29/3/2017).

Pada kesempatan tersebut, Iwan memaparkan profil perusahaan dan sejumlah tantangan yang dihadapi PT PJB dalam bisnis ketenagalistrikan. Diantaranya bagaimana meningkatkan efisiensi pembangkit gas turbine.  Ia berharap agar dalam waktu dekat bisa dilakukan diskusi lebih spesifik untuk membahas solusi dan kemungkinan kerja sama lebih lanjut. 

Doosan Skoda Power merupakan produsen dan pemasok peralatan pembangkit listrik khususnya turbin. Perusahaan yang berpengalaman membuat turbin gas sejak tahun 1904 tersebut menawarkan kerja sama di bidang pemeliharaan, analisa, teknologi, retrofit dan  upgrade pembangkit serta penyediaan komponen pembangkit. Kedatangan delegasi perusahaan yang tergabung dalam Grup Doosan heavy industries & construction ke PT PJB diwakili oleh Doosan Skoda Power Director of Service Mr Stanislav Snedar, Doosan Skoda Power Sales for Asia Mr Adam Bayer, dan  Doosan Skoda Power Representative Mr Josef Rysavy. kbc6

Bagikan artikel ini: