Program co marketing BPJS TK Rungkut makin dilirik pelaku bisnis perhotelan

Kamis, 30 Maret 2017 | 05:55 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Program promosi atau "co marketing" Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) bagi perusahaan yang telah menjadi peserta semakin diminati oleh pelaku bisnis perhotelan. Setidaknya, sudah ada tiga hotel yang bekerjasama dengan BPJS TK Cabang Surabaya Rungkut, yaitu Zoom Hotel, Gunawangsa Hotel dan yang terakhir Luminor Hotel.

General Manager Luminor Hotel Surabaya, Soesijanto mengatakan bahwa ketertarikan Luminor untuk ikut dalam program co marketing ini didasari oleh kian ketatnya persaingan bisnis hotel di Surabaya. Bahkan tidak jarang mereka melakukan perang tarif agar tingkat keterisian kamar hotel atau okupansi menjadi kian tinggi.

Ia mengaku, okupansi hotel di Surabaya saat ini memang relatif rendah, hanya dikisaran 65%. Bahkan disaat long weekend, okupansi akan semakin terjun bebas, hanya dikisaran 45% karena banyak masyarakat yang memilih berlibur dan menginap di luar kota seperti Malang dan Batu.

"Saking banyaknya hotel, mereka banting harga. Perang tarif. Dan itu saya tidak suka karena untuk menaikkannya juga sangat sulit. Makanya saya mencari ceruk pasar lain melalui networking, dalam hal ini kami bekerjasama dengan BPJS TK Cabang Surabaya Rungkut. Apalagi Luminor ini kan brand baru dan kami ingin setiap orang bisa tahu tentang Luminor," ujar Soesijanto usai penandatanganan kerjasama program "co marketing" dengan Kepala BPJS TK Cabang Rungkut Arbi Harun, di Surabaya, Rabu (29/3/2917).

 

Melalui program ini, ujarnya, peserta BPJS TK yang menginap di Luminor akan mendapatkan harga khusus dengan diskon 20% untuk kamar dan 15% untuk Food and Baverage ( FnB). Ia berharap, kerjasama ini akan berdampak positif terhadap okupansi hotel, naik dari saat ini yang masih dikisaran 65% menjadi sekitar 70%. "Target kami tidak muluk-muluk. Kalau 1% saja peserta BPJS TK di Jatim yang mencapai 1,6 juta itu bisa masuk, itu sudah sangat baik," katanya. 

Sementara itu, Kepala BPJS TK Cabang Surabaya Rungkut, Arbi Harun mengatakan bahwa BPJS TK berkomitmen untuk membantu perusahaan peserta BPJS TK yang taat untuk mempertemukannya dengan peserta perseorangan melalui program co marketing. Apalagi saat ini, sudah banyak peserta yang mengetahui program ini dan memanfaatkannya. "Sekarang, banyak peserta BPJS TK yang mau bepergian buka web kami dulu, cari hotel yang memberikan diskon hanya dengan menunjukkan kartu, BPJS TK" ujarnya. 

Ia berharap, akan ada banyak perusahaan yang terbuka dan mau bekerjasama karena program ini sangat menguntungkan bagi seluruh peserta BPJS TK. Akan tetapi masih ada juga perusahaan yang tidak mau bekerjasama. "Sebenarnya kami ingin gandeng perusahaan sebanyak-banyaknya. Tetapi pemahaman mereka kadang berbeda. Ada yang sekali saya datang dan jelaskan langsung mau kerjasama, ada juga yang tidak," pungkasnya. kbc6

Bagikan artikel ini: