ASPPI siap genjot promosi wisata Jawa Timur

Senin, 10 April 2017 | 07:00 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Provinsi Jawa Timur memiliki banyak potensi pariwisata yang tidak kalah dengan provinsi lain di Indonesia. Jawa Timur juga diuntungkan dengan posisinya yang diapit Yogyakarta dan Bali.

Ketua DPD ASPPI (Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia) Jatim Saformadianto mengatakan, pariwisata di Jatim ini boleh dikatakan komplit, karena Jatim memiliki semua bentuk wisata, mulai wisata tradisonal hingga modern. Mulai dari wisata alam laut dan alam bawah laut, wisata pegunungan, wisata religi, wisata budaya hingga theme park juga ada.

"Bahkan saat ini hampir setiap tahun bermunculan wahana wisata baru atau destinasi wisata baru di berbagai daerah di Jatim. Karena saat ini kebutuhan orang untuk berwisata bisa dikatakan hampir menyerupai kebutuhan pokok," ujar Saformadianto di sela acara peringatan HUT ASPPI ke-9 di Best Western Hotel Surabaya, pekan lalu.

Ditambahkan Safor, dalam usia ASPPI yang ke-9 ini, pihaknya berupaya untuk terus memajukan pariwisata di Jatim, termasuk juga mempromosikan sejumlah lokasi wisata ke wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara.

Tahun lalu ASPPI Jatim yang mempunyai tagline Tourism Soldiers, sukses menggelar acara Suramadu Adventure Trip (SAT) II yang diikuti travel agent dari berbagai provinsi serta travel agent luar negeri. Dalam SAT II tersebut, ASPPI Jatim berusaha mempromosikan wisata di kawasan Pulau Madura, mulai dari wisata alam hingga budaya. "Kami sebagai Tourism Soldiers akan terus mempromosikan Jatim, Pokok'e Jatim Rek," ujar Safor.

Menurut Safor, ASPPI Jatim berusaha untuk menggaet lebih banyak wisman di luar Malaysia, Singapura serta Tiongkok yang masih mendominasi wisman dari negara lain. Salah satu contoh konkritnya ASPPI Jatim pernah menggelar promosi di Bangkok Thailand. "ASPPI Jatim juga berharap agar konektivitas udara di Jatim segera terwujud dengan pembangunan bandara baru di luar Surabaya agar kunjungan wisman ke Jatim kian banyak," harapnya. kbc9

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: