Ingin terbangi RI, ini syarat bagi 'maskapai bikini'

Selasa, 11 April 2017 | 09:16 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Maskapai asal Vietnam, VietJet Air berambisi bisa melayani penerbangan ke Indonesia. Maskapai ini terbilang unik, karena para pramugarinya pernah melayani penumpang dengan mengenakan bikini dua helai.

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Perhubungan mengaku belum menerima permohonan VietJet Air untuk masuk ke Indonesia.

"VietJet belum ada permohonannya. Itu kan keinginan mereka. Belum ada," jelas Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agoes Soebagio di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Senin (10/4/2017).

Agoes menambahkan, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi oleh VietJet Air untuk melayani penerbangan ke Indonesia. Pertama, maskapai tersebut harus mendapatkan rekomendasi dari negaranya untuk terbang ke Indonesia.

"Intinya dia harus memenuhi pertama dia harus ditunjuk oleh negaranya ke negara yang dituju, itu namanya destinated area. Karena penerbangan internasional itu melewati kedaulatan negara lain," kata Agoes.

Selanjutnya, maskapai asal Vietnam tersebut juga harus memenuhi persyaratan teknis dan operasional yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan. "Sesuai dengan aturan kita CASR 129, Civil Aviation Safety Regulation," tutur Agoes.

Pemberian izin terbang kepada VietJet Air pun tidak bisa dipastikan selesai dalam waktu tertentu. Hal ini tergantung dari kelengkapan dokumen yang diberikan oleh maskapai ke pemerintah.

"Tergantung maskapai itu bisa memenuhi dokumennya. Kalau dokumen sudah dipenuhi ya enggak lama. Banyak, kan harus diverifikasi dulu di sana segala macam," ujar Agoes. kbc10

Bagikan artikel ini: