Besar, potensi industri aplikasi Tanah Air

Rabu, 12 April 2017 | 08:34 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Potensi sektor industri software di Indonesia dinilai sangat besar, karena sudah dapat menghasilkan produk aplikasi yang dapat menunjang operasional industri lain.

Produk aplikasi software yang telah mampu dihasilkan, antara lain financial management, geographical information system, inventory, office animation, multimedia presentation, executive information system, dan intranet.

Menurut Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, industri perangkat lunak di dalam negeri telah tumbuh secara alamiah, namun bila dikaitkan dengan realitas dunia, posisi Indonesia masih perlu ditingkatkan.

“Untuk itu, kami berkomitmen dalam menyiapkan sarana dan prasarana pengembangannya,” ujar Putu di Kemenperin, Jakarta, Selasa (11/4/2017).

Putu menambahkan, kemampuan untuk mengembangkan perangkat lunak dalam skala industri sangat perlu didorong secara terarah dengan menyiapkan sistem serta strategi alih teknologi dan inovasi teknologi yang sesuai.

"Diantaranya peningkatan pembiayaan penelitian dan pengembangan, termasuk sinergi antara pemerintah, pengusaha dan akademisi. Dengan demikian akan memotivasi pengusaha dalam negeri untuk memberikan sumbangan positif bagi pertumbuhan industri nasional,” tegasnya.

Menurut Putu, Indonesia merupakan pasar terbesar bagi perusahan ponsel dunia sehingga hal tersebut dapat berdampak dengan perkembangan industri perangkat lunak di Indonesia.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, jumlah pelanggan telekomunikasi seluler di Indonesia meningkat sebesar empat kali lipat, dari 63 juta menjadi 211 juta pelanggan.

Bahkan, diperkirakan jumlah telepon selular yang beredar di Indonesia pada saat ini sebanyak 300 juta unit atau melebihi penduduk Indonesia sendiri yang berjumlah sekitar 250 juta jiwa. kbc10

Bagikan artikel ini: