Darmin: Ekonomi Indonesia dampaknya terlihat di Jakarta

Kamis, 20 April 2017 | 08:51 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Gubernur Jakarta terpilih diharap mampu ikut serta meningkatkan perekonomian Ibu Kota. Sebab, perekonomian di Jakarta akan menjadi cerminan semua pihak, baik dalam dan luar negeri dalam melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, ekonomi Indonesia saat ini sedang mengalami perbaikan dibandingkan dua tahun terakhir. Perkiraan pertumbuhan ekonnomi pada kuartal I 2017 diprediksi berada di angkan 5,1 persen. Dengan kondisi Jakarta yang semakin tertata, maka perekonomian yang dicanangkan pemerintah seharusnya bisa tercapai.

"Jakarta itu kan Ibu Kota. Bagaimanapun ekonomi negara kita dampaknya akan terlihat di Jakarta," ujar Darmin, Rabu (19/4/2017).

Menurut Darmin, jalur ekspor dari Indonesia banyak yang melewati Jakarta. Perbaikan sistem ekspor akan memberikan nilai produk domestik bruto (PDB). Terlebih saat ini harga sejumlah komoditas unggulan telah membaik. Walaupun tidak terlalu besar, tapi peningkatan ini juga akan mempengaruhi penghasilan masyarakat di daerah seperti Kalimantan, Sumatera, dan daerah lain yang membuat konsumsi rumah tangganya ikut naik.

Pilkada serentak, lanjut Darmin, juga akan meningkatkan konsumsi masyarakat, sebab akan ada pertumbuhan konsumsi dan investasi nantinya di Jakarta. Jadi tiga hal ini kemudian menjadi mesin penggerak agar pertumbuhan ekonomi Jakarta dan Indonesia kembali membaik.

Mantan Gubernur Bank Indonesia ini berharap, siapapun Gubernur dan Wakil Gubernur yang terpilih tidak melupakan perjuangan mereka dalam Pilkada. Dengan keaktifan warga yang sangat meriah, seharusnya bisa berdampak baik pada kondisi Jakarta.

"Semangat masyarakat untuk emiih Gubernur kalau menurut saya harusnya positif terhadap Gubernur yang terpilih," ungkap Darmin. kbc10

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: