Boy Sadikin, tokoh kunci di balik kemenangan telak Anies-Sandi

Kamis, 20 April 2017 | 11:30 WIB ET
Boy Sadikin (istimewa)
Boy Sadikin (istimewa)

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada Pilgub DKI 2017 tak lepas dari sentuhan tangan dingin Boy Bernadi Sadikin selaku ketua relawan. Boy adalah mantan ketua PDI Perjuangan Jakarta, sehingga tahu betul peta dan jaringan massa di tingkat bawah.

Demikian penilaian Presidium Relawan Anies-Sandiaga, Charles Simarmata. Boy sukses "mengacak-acak" basis Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di ibu kota.

"Karena saya tahu persis apa yang dilakukan Pak Boy semenjak awal kampanye sampai detik terakhir Pilgub, akhirnya menjadi kemenangan pertama," ujar Charles.

Charlie, sapaannya, mengungkapkan, Boy rutin turun ke basis partai berlogo kepala banteng selama kampanye untuk membuat mesin partai tersendat. 

Selain itu, Boy mengkonsolidasikan kekuatan kader yang tak mendukung keputusan mengusung petahana, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

"Karena filosofinya banteng memang harus berhadapan dengan banteng. Apalagi, figur Pak Boy mengakar kuat di akar rumput PDIP. Karenanya di Jakarta Selatan, Barat, Utara, dan daerah lain banyak kader yang akhirnya merapat ke Pak Boy," beber mantan pengurus DPC PDIP Jaksel ini.

Dengan kekalahan Ahok-Djarot tersebut, imbuh Charlie, akan menambah panjang daftar raihan positif Boy Sadikin pada kontestasi kotak suara. "Ini quattrick. Pertama Pilkada DKI 2012, terus Pileg dan Pilpres 2014," pungkasnya. kbc2

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: