Mengaspal di Jatim, Urban SUV Suzuki Ignis dibanderol mulai Rp145 juta

Jum'at, 21 April 2017 | 18:30 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya masyarakat Jawa Timur bisa melihat secara langsung model kendaraan yang masuk sebagai genre baru di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) di Tanah Air, yakni Suzuki Ignis. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek Suzuki di Indonesia bahkan mengklaim Ignis sebagai pionir dari subsegmen terbaru SUV, yakni Urban SUV.

4W Deputy Managing Director SIS, Setiawan Surya mengatakan, Suzuki Ignis dihadirkan sebagai perluasan segmentasi pasar bagi Suzuki, mengingat model ini saat ini masih menjadi pemain tunggal di kelasnya.

"Suzuki Ignis merupakan pilihan terbaik bagi para pengendara yang memerlukan kendaraan stylish, modern, dan tetap menyuguhkan keiritan bahan bakar. Dan kami berharap Ignis bisa memberikan warna baru di pasar otomotif Tanah Air," katanya pada press conference peluncuran Suzuki Ignis di Surabaya, Jumat (21/4/2017).

Salah satu aspek yang membuat Suzuki mengklaim Ignis memiliki rasa SUV adalah tingginya ground clearance yang mencapai 180 mm. Hal ini juga ditopang dengan dimensi panjang 3.700 mm sehingga kabin lebih lega dan nyaman, dengan dukungan roda 175/65 dan R15 membuat Ignis tampil gaya namun tetap nyaman.

Ignis juga menggunakan struktur badan mobil berteknologi Total Effective Control Technology untuk menunjang keselamatan dan platform baru berteknologi HEARTECT, yang merupakan struktur baru high-rigid underbody bermaterial high-tensile steel, memungkinkannya tetap berperforma layaknya SUV di medan offroad.

Aspek lain yang membuat Ignis memiliki rasa SUV adalah pemasangan air intake setinggi 700 mm yang membuatnya mampu menerobos genangan air di musim penghujan.

Dari sisi mesin, Ignis disemati K12M berkubikasi 1.200 cc empat silinder segaris DOHC VVT yang handal dalam performa dan efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya dengan dua pilihan transmisi yakni manual dan otomatis.

Dari uji kendara yang dilakukan BT2MP-BPPT, konsumsi bahan bakar Ignis mencapai 23,64 km per liter untuk transmisi manual dan 23,44 km per liter untuk transmisi AGS.

Mesin tersebut membuat Ignis mampu menghasilkan tenaga maksimum 83 ps pada tingkat putaran mesin 6.000 rpm dan daya puntir puncak hingga 113 Nm pada 4.200 rpm.

Suzuki menghadirkan Ignis dalam tiga varian yakni GL bertransmisi manual (MT) yang dibanderol dengan harga Rp145 juta, GX MT seharga Rp164 juta dan GX AGS senilai Rp173,5 juta. Harga ini adalah on the road Jawa Timur.

Direktur PT United Motors Center (UMC) selaku main dealer Suzuki wilayah Jawa Timur, Prabowo Liegangsaputro mengatakan, meski menyasar kelas yang baru, namun pihaknya optimistis Suzuki Ignis akan mampu menjadi salah satu produk andalan Suzuki di Tanah Air.

"Dengan melihat spesifikasi, model yang stylish dan harganya yang terjangkau di kelasnya, saya yakin nantinya Ignis bisa memberikan kontribusi sekitar 35 persen bagi Suzuki," ujarnya.

Diakuinya, jika selama ini rata-rata penjualan mobil Suzuki di wilayah Jawa Timur oleh UMC di kisaran 800-900 unit per bulan, dengan kehadiran Ignis diharapkan penjualannya bisa meningkat menjadi minimal 1.000 unit saban bulannya. "Artinya, kami menargetkan penjualan Ignis di Jatim sekitar 200 unit per bulan. Namun lagi-lagi karena ini barang CBU dari India, tentunya kita musti menyesuaikan dengan suplai. Kami berharap suplainya bisa mengimbangi permintaan yang informasinya dari sejumlah diler sangat luar biasa," tandas Prabowo.

Sementara itu sebagai apresiasi pihaknya kepada konsumen, UMC bersama PT Sejahtera Buana Trada (SBT) yang sama-sama merupakan diler utama Suzuki di Jatim menggelar program menarik selama pameran Ignis di Pakuwon Mall Surabaya pada 22-23 April 2017, yakni hadiah langsung kaca film V-Kool untuk setiap pembelian Ignis. Selain itu, SIS bersama perusahaan leasing menawarkan paket kredit bunga 3,6% atau DP mulai 10% dengan tenor cicilan hingga 4 tahun.

"Juga ada hadiah undian bagi calon konsumen yang test drive berupa 9 unit motor Suzuki," pungkasnya. kbc7

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: