Menteri Puspayoga 'suntik mati' 43 ribu koperasi, ini alasannya

Jum'at, 28 April 2017 | 13:58 WIB ET

MALANG, kabarbisnis.com: Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengaku sudah mengeluarkan surat keputusan (SK) terkait pembubaran 43 ribu koperasi yang dinilai sudah tidak aktif.

"Sudah kita bubarin 43.000 koperasi. Karena memang tidak aktif," katanya saat menghadiri pembukaan Malang City Expo (MCE) 2017 di Stadion Gajayana, Kota Malang, Kamis (27/4/2017).

Berbeda halnya dengan koperasi yang tidak sehat. Puspayoga mengatakan, koperasi yang tidak sehat masih bisa dibina supaya menjadi koperasi yang sehat. "Yang kita bina itu yang tidak sehat, kita bina supaya sehat. Kalau yang tidak aktif ngapain," katanya.

Menurut dia, koperasi yang tidak sehat juga masih banyak. Dari sekitar 150 ribu koperasi yang masih aktif, separuh di antaranya atau sekitar 75.000 koperasi tidak sehat. Salah satu indikatornya adalah tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

"Masih banyak yang tidak sehat. Yang aktif sekitar 150,000 dan 75.00 tidak sehat. Indikatornya apa, tidak melaksanakan RAT," ucapnya.

Ke depan, sebut dia, dirinya akan memprioritaskan koperasi yang berkualitas. Yakni koperasi yang sehat dan anggotanya terus bertambah. "Indikator koperasi berkualitas adalah yang anggotanya semakin banyak," katanya. kbc10

Bagikan artikel ini: