Sukses bertransformasi, Wapres puji setinggi langit bos HIPMI

Jum'at, 28 April 2017 | 14:18 WIB ET

MANADO, kabarbisnis.com: Wakil Presiden (Wapres), Jusuf Kalla (JK) memberikan pujian khusus kepada Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) 2015-2018, Bahlil Lahadia.

Hal itu disampaikannya saat membawakan pidato pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KNPI di Hotel Sintesa Peninsula, Minggu (23/4/2017) lalu.

Menurut JK, Bahlil Lahadia sukses bertansformasi dari aktivis menjadi pengusaha. JK menceritakan, dirinya juga pernah aktif di organisasi kepemudaan HMI sebagai ketua cabang dan ketua senat mahasiswa tapi bertransformasi menjadi pengusaha sukses.

"Pemuda mesti menumbuhkembangkan semangat wirausaha karena pengalaman saya, wirausaha itu yang menyatukan dengan teman-teman saya. Kalau urusan politik itu urusan kedua," kata JK.

Dalam kesempatan tersebut, JK meminta pengurus KNPI nantinya akan lahir wirausahawan muda dan fokus dengan usaha.

Bahlil Lahadalia sendiri merupakan sosok pribadi yang memiliki karir yang mirip dengan JK. Sejak kuliah, Bahlil Lahadalia telah bergabung dengan organisasi kemahasiswaan ekstra kampus, yaitu Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (HMI).

Bahkan Bahlil kelahiran Banda, Maluku Utara, 7 Agustus 1976 akhirnya dipercaya sebagai Bendahara Umum PB HMI periode 2001-2003.

Pada tahun 2003, setelah tidak lagi menjabat sebagai Bendahara Umum PB HMI, Bahlil mendirikan sebuah perusahaan konsultan keuangan. Bahlil kemudian mendirikan perusahaan di bawah bendera Bersama Papua Unggul (BPU) meliputi konsultan keuangan, kontraktor lalu perkebunan kelapa sawit dan pertambangan.

Namanya kini populer sebagai pengusaha muda berkat perusahaan yang dirintisnya PT Rifa Capital yang telah menjadi holding dari 10 perusahan lain miliknya diantaranya PT Ganda Nusantara (shipping), PT Pandu Selaras (gold mining), dan PT MAP Surveilance yang bergerak di pertambangan nikel. kbc10

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: