BPS klaim harga bahan pokok mampu tekan laju inflasi nasional April di 0,09%

Selasa, 2 Mei 2017 | 17:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, data indeks harga konsumen (IHK) mengalami inflasi pada April 2017 sebesar 0,09 persen. Periode yang sama tahun lalu, IHK justru mengalami deflasi sebesar 0,45 persen.

Menurut Kepala BPS Suhariyanto, inflasi April 0,09 persen sudah sesuai harapan. Secara umum, Inflasi terkendali meski naik bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Secara umum inflasi terkendali mudah-mudahan bulan depan juga sama," ujarnya di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Kenaikan IHK disebabkan naiknya bebarapa kelompok pengeluaran. Sumbangsih tertinggi disumbang oleh kelompok pengeluaran perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar.

Naiknya harga listrik pelanggan 900 VA menjadi penyebab utama inflasi kelompok pengeluaran tersebut dengan andil mencapai 0,20 persen.

Selain itu kenaikan kelompok pengeluaran yang menyumbang inflasi adalah transformasi, komunikasi, dan jasa keuangan. Sumbangan tarif angkutan udara kepada inflasinya yaitu 0,02 persen, harga bensin dan tarif pulsa 0,01 persen.

Kelompok sandang juga mengalami inflasi dengan andil 0,03 persen. Adapun kelompok makanan jadi, rokok, dan tembakau memiliki sumbangsih  terhadap inflasi April mencapai 0,02 persen. "Kenaikan harga rokok kretek dan rokok kretek filter mencapai 0,01 persen," kata Suhariyanto.

Sementara kelompok pengeluaran bahan makanan justru mengalami deflasi 0,24 persen. Harga cabai merah, bawang merah, beras, daging sapi ikan segar, ayam ras, dan minyak goreng mengalami penurunan.

"Penurunan harga cabai merah dan cabai rawit andilnya masing-masing 0,09 persen, kedua penurunan harga bawang merah 0,089 persen, beras andilnya 0,02 persen, beberapa komoditas andilnya 0,01 seperti daging sapi, ikan segar, telur ayam ras, beberapa sayuran, dan minyak goreng 0,01," papar

Rendahnya IHK pada April 2017 diharapkan bisa menular pada Mei dan Juni 2017. Seperti diketahui, Ramadhan dan Lebaran akan jatuh pada bulan tersebut. kbc10

Bagikan artikel ini: