La Nyalla: Media massa jadi mitra utama Kadin Jatim

Minggu, 07 Mei 2017 | 21:31 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyepakati penguatan sinergitas antar kedua lembaga, khususnya untuk  edukasi dan sosialisasi mengenai kebijakan ekonomi dan perkembangan bisnis di provinsi tersebut melalui pemberitaan media massa.

Kesepakatan kedua lembaga diwujudkan dalam penandatanganan  memorandum of understanding (MoU) yang dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Jawa Timur  Ir. H. La Nyalla Mahmud Mattalitti dan Wakil Ketua Bidang Kerjasama PWI Jatim Drs. Lutfil Hakim, di sela acara rakor Kadin se-Jatim bertempat di Kantor Kadin Jatim, Minggu (7/5/17).

Terdapat sejumlah poin penting yang disepakati untuk disinergikan kedua pihak, di antaranya kegiatan penyebaran informasi tentang aktivitas Kadin Jatim (termasuk Kadin se-Jatim) melalui pemberitaan oleh anggota PWI, kerjasama pendidikan atau pelatihan dunia usaha dan ekonomi, serta membentuk Forum Bersama KADIN-Editor Club dalam berbagai kegiatan diskusi.

Selain itu juga disepakati mengenai peningkatan profesionalisme wartawan di bidang peliputan ekonomi (termasuk di daerah kabupaten/kota) dan mendorong peningkatan profesionalisme wartawan melalui Uji Kompetensi (UKW) -, serta aktivitas lain yang dipandang perlu dan bernilai positif bagi kedua pihak.

“Selama ini sudah terjalin hubungan baik antara Kadin Jatim dan PWI Jatim, sehingga pada momentum rakor Kadin se-Jatim ini juga mendorong terciptanya hubungan yang baik dan saling-mendukung antara PWI Kabupaten/Kota dengan Kadin Kabupaten/Kota. Media massa adalah partner utama Kadin untuk memperkuat komunikasi dengan stakeholder dunia usaha,” kata La Nyalla yang juga sebagai Dewan Penasehat PWI Jatim tersebut.

Sementara itu Lutfil Hakim mengatakan, sejauh ini Kadin Jatim telah memberikan banyak support kepada PWI Jatim, termasuk diantaranya penggunaan tempat untuk pelaksanaan beberapa kali uji kompetensi wartawan (UKW) di Kadin Institute, fasilitas gedung milik Kadin Jatim.

“Melalui pemantapan kerjasama ini juga akan digagas terbentuknya Forum Bersama KADIN-Editor Club dalam kegiatan diskusi-diskusi. Karena penguatan materi tentang ekonomi dan bisnis adalah keniscayaan bagi setiap jurnalis, termasuk anggota PWI. Diharapkan di kabupaten/kota juga terbentuk forum bersama antara Kadin dan PWI Kabupaten/Kota,” kata Lutfil Hakim. kbc3

Bagikan artikel ini: