Minim, pelaku UMKM yang nikmati KUR

Selasa, 09 Mei 2017 | 08:48 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) belum sepenuhnya dirasakan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Padahal, KUR sudah digulirkan di semua daerah.

Anggota Komisi XI DPR RI Donny Imam Priambodo mengakatan, setidaknya ada dua penyebab tidak maksimalnya penyaluran KUR. Pertama, minimnya sosialisasi dan SDM pelaku UMKM juga dinilai Donny masih kurang.

“Kami meminta kepada perbankan, selain memberikan kredit juga memberikan pendampingan termasuk penjaminan yang diberikan oleh Jamkrindo dan Askrindo. Masyarakat juga belum banyak mendapat informasi dan pemahaman dari sosialisai KUR,” kata Donny dalam keterangan tertulis, Senin (8/5/2017).

PolitisI F-Nasdem itu mungungkapkan, masih banyak SDM yang belum memahami bagaimana menjadikan usahanya bisa diakses oleh perbankan. Untuk itu, perlu ada pendidikan mengenai sistem keuangan oleh perbankan agar para pelaku UMKM mampu mengelola keuangannya dengan baik.

Seperti diketahui, KUR merupakan kredit yang digulirkan oleh perbankan. Hanya saja bunga bank disubsidi oleh pemerintah. Lebih lanjut Donny berpendapat, jika KUR ini dipakai kepentingan yang bersifat produktif, hasilnya bisa dinikmati oleh pelaku UMKM itu sendiri.

Sebaliknya, lanjut Donny, bila KUR dipakai untuk kepentingan konsumtif, maka yang memetik manfaatnya adalah perbankan bukan dari nasabah itu sendiri.

“KUR ini, kan, digelontorkan agar masyarakat bisa berusaha. Bila sukses tentu akan meningkatkan dukungan ekonomi nasional,” ucap Donny. kbc10

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: