Hubungan Jokowi-JK renggang? Ini jawaban Istana

Rabu, 17 Mei 2017 | 15:05 WIB ET
(Antara)
(Antara)

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pihak Istana Kepresidenan menyatakan bahwa hubungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK) tetap harmonis.

Baik Jokowi maupun JK tetap berkoordinasi, meskipun keduanya berada di lokasi terpisah. Ketidakhadiran JK saat Presiden Jokowi bersilaturahmi dengan kalangan tokoh lintas agama, tidak berarti ada ketidakharmonisan.

“Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berkoordinasi untuk menjalankan tugas kenegaraan, termasuk ketika Presiden bertemu dengan tokoh-tokoh lintas agama pada hari Selasa (16/5),” kata Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden, Bey Machmudin melalui keterangan tertulis, pada Rabu (17/5).

Disebutkan, pada Selasa (16/5), Wapres bertolak ke London untuk kunjungan kerja ke Inggris Raya. Di negeri itu, Wapres akan menyampaikan kuliah umum yang berjudul “Moderate Islam: Indonesia's Experience” di Universitas Oxford.

Sementara itu, Presiden Jokowi usai melawat ke Tiongkok, tidak langsung kembali ke Jakarta, melainkan singgah di Palu, Sulawesi Tengah, untuk meresmikan Pembukaan Kongres XIX Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), pada (16/5).

Usai membuka Kongres PMII, Presiden Jokowi kembali ke Jakarta dan mengundang para tokoh lintas agama untuk bersilaturahmi di Istana Merdeka, pada Selasa (16/5) siang.

Pada pertemuan itu, Presiden Jokowi didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Selanjutnya, pada Rabu (17/5), Presiden Jokowi menyambut kedatangan Presiden Republik Lithuania Dalia Grybauskaite di Istana Merdeka.

Ada pun kegiatan Wapres di London, di antaranya adalah meninjau lapangan Queen Elizabeth Park Stadium serta berdiskusi dengan pengelola fasilitas dan kegiatan olimpiade.

“Kunjungan ke Queen Elizabeth Park Stadium ini, Wapres sebagai Ketua Dewan Pengarah Asian Games 2018,” kata Bey mengutip pesan tertulis Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar.

Bagikan artikel ini: