Penjualan naik 25%, perusahaan bahan kimia Lanxess proyeksikan kinerja tertinggi di tahun ini

Jum'at, 19 Mei 2017 | 13:39 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Lanxess memproyeksikan hasil tertinggi selama setahun penuh dalam sejarah perusahaan, setelah melalui kuartal pertama yang sangat kuat di tahun 2017 dan sukses menuntaskan transaksi akuisisi Chemtura yang berbasis di AS.

Penjualan global perusahaan bahan kimia khusus ini meningkat tajam sebesar 25% menjadi EUR 2,4 miliar pada kuartal pertama tahun 2017, naik dari EUR 1,9 miliar di tahun sebelumnya. EBITDA pre exceptionals juga meningkat sebesar 25% menjadi EUR 328 juta, dibandingkan dengan EUR 262 juta pada kuartal pertama tahun 2016.

Perkembangan kuartal pertama yang sangat positif terutama didorong oleh peningkatan volume penjualan yang signifikan di seluruh segmen. Margin EBITDA pre exceptionals berada di angka 13,7%, sedikit di atas angka tahun sebelumnya sebesar 13,6%. Laba bersih meningkat secara signifikan sebesar 47% menjadi EUR 78 juta, dibandingkan dengan EUR 53 juta di kuartal pertama tahun lalu.

Untuk setahun penuh pada 2017, perusahaan memprediksi EBITDA pre exceptionals antara EUR 1,225 miliar dan EUR 1,3 miliar. Perkiraan ini mencakup kontribusi pendapatan dari bisnis Chemtura yang baru saja diakuisisi.

Dengan demikian, tahun 2017 diprediksi akan menjadi tahun fiskal paling sukses dalam sejarah perusahaan. LANXESS mencapai hasil operasional tertingginya pada tahun 2012, yang saat itu membukukan angka sekitar EUR 1,2 miliar.

Chairman of the Board of Management, Lanxess AG, Matthias Zachert, mengatakan, Lanxess mengawali tahun fiskal baru dengan pencapaian yang kuat. “Kami mencatat kenaikan permintaan di semua segmen bisnis kami dan menghasilkan penjualan yang lebih tinggi di seluruh wilayah. Hal ini jelas menunjukkan bahwa kami memiliki strategi pemasaran yang tepat,” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Jumat (19/5/2017).

Matthias menegaskan pasokan pesanan yang baik dan lingkungan bisnis yang dinamis tampaknya akan terus berlanjut di kuartal kedua. “Untuk setahun penuh, kami bahkan memprediksi penghasilan yang mencapai rekor. Ini merupakan indikasi nyata kekuatan operasional kami, yang akan semakin ditingkatkan melalui akuisisi Chemtura. Tugas kami sekarang adalah memastikan integrasi bisnis yang baru ini secara cepat dan lancar,” tambahnya.

Kemajuan besar lainnya dalam program penataan ulang perusahaan adalah Lanxess menuntaskan akuisisi perusahaan kimia A.S. Chemtura sekitar tiga minggu yang lalu. Dengan akuisisi terbesar dalam sejarah Lanxess, perusahaan yang berbasis di Cologne ini terutama memperluas portofolio aditifnya secara signifikan dan akan menjadi salah satu pemain utama dunia di pasar berkembang ini.kbc6

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: