Baru meluncur, moge Honda CMX500 Rebel terjual 14 unit di Jatim

Kamis, 25 Mei 2017 | 17:31 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Para pecinta motor gede (moge) di Jawa Timur kini bisa tersenyum. Pasalnya mereka memiliki pilihan motor idamannya, menyusul mulai dipasarkannya motor terbaru Honda CMX500 Rebel di wilayah ini.

PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) selaku distributor motor Honda wilayah Jatim dan NTT resmi memperkenalkan moge berkapasitas mesin 500 cc tersebut untuk masyarakat Jawa Timur, Kamis (25/5/2017).

President Director PT MPM Distributor, Suwito mengatakan, kehadiran Honda CMX500 Rebel makin melengkapi line up motor Honda di segmen big bike yang ada di dealer bigbike Honda Jatim.

"Dengan diluncurkannya motor ini, kini konsumen dapat menikmati Honda CMX500 Rebel lebih dari sekadar moda transportasi. Sebagai sarana refleksi dari sebuah gaya hidup, karakter, serta sarana pengendara untuk mengekspresikan identitasnya,” katanya saat press conference peluncuran sekaligus pameran Honda CMX500 Rebel di Ciputra World Surabaya, Kamis (25/5/2017).

Dipaparkannya, kehadiran Honda CMX500 Rebel diyakini akan memperkuat segmen motor premium Honda, menyusul dengan telah dipasarkannya beberapa model big bike oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dalam 1-2 tahun terakhir. Selain jajaran produk motor berkapasitas mesin 500 cc ke atas, MPM juga telah menyiapkan diler dan jaringan bengkel big wing.

Suwito menuturkan, saat ini penjualan motor bigbike di wilayah Jatim sebanyak 20 unit. "Memang tidak banyak, namun pasar segmen motor premium ada. Dan kami optimistis kehadiran Honda CMX500 Rebel akan mampu mendongkrak penjualan bigbike Honda. Target kami penjualan bigbike di Jatim bisa sekitar 5 unit per bulan, dan kontributor terbanyak Honda CMX500 Rebel," ujarnya.

Penegasan itu bukan sekadar isapan jempol. Pasalnya, meski baru diluncurkan seara resmi di Surabaya, inden untuk Honda CMX500 Rebel sudah menembus angka 14 unit di Jawa Timur. "Pembeli selain dari pecinta moge, juga mereka yang benar-benar baru menyukai naik motor, karena melihat model Honda CMX500 Rebel jadi tertarik," tukasnya.

Wajar saja jika Honda CMX500 Rebel mampu mencuri perhatian konsumen. Selain tampilannya yang klasik modern, juga spesifkasinnya yang menitik beratkan pada kenyamanan dan keamanan. Honda CMX500 Rebel dibalut dengan warna hitam yang akan memperkuat desain Rebel yang fleksibel. Senada sisi bawah yang dicat secara halus.

Lampu depan tampil khas. Memiliki desain bulat dengan diameter berukuran 135mm. Sementara spidometer berdesain kompak dengan layar LCD negatif dan backlight biru memberi kesan mencolok dan efektif. Sementara kunci kontak berada di bawah sisi kiri tangki bahan bakar. Mirip di motor custom atau besutan lawas.

Roda kas motor custom aliran bobber. Ban berukuran gemuk dengan diameter roda kecil terlihat bulat. Memakai ban Dunlop depan ukuran depan 130/90-16 dan belakang 150/80-16. Pelek dengan palang yang berdesain ala kipas. Jari-jarinya kecil miring dengan jumlah 10.

Tangki berwujud panjang dan ramping dalam posisi mendongak. Tempat bahan bakar ini mampu menampung 11,2 liter.

Setang kemudi lebar namun mudah dijangkau tangan pengendara. Membuat pengendara mudah mengendalikan setang.

Posisi jok juga memudahkan pengendara duduk dengan sempurna di atas motor. Berkendara pun jadi nyaman.

Honda CMX500 Rebel mengusung mesin basis Honda CBR500R yang telah teruji dan terbukti handal performanya. Mesin berkapasitas 471cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder.

Memiliki bore dan stroke pada 67mm x 66.8mm dengan rasio kompresi 10,7: 1. Sementara itu bagian dalam kepala silinder menggunakan roller rocker arm dan penyetelan katup jenis shim yang akan menghasilkan bobot ringan, menurunkan beban per katup dan mengurangi gesekan.

Untuk mendukung kemampuan berkendara jauh atau cruiser, otak sistem injeksinya yaitu PGM-FI fuel injection disetting sesuai karakter motor. Menghasilkan karakter mesin yang output bottom-end torsi-padat, dengan penyaluran halus dan linear di seluruh rentang putaran. Torsi maksimum 45,8Nm pada 5.500rpm dan menghasilkan tenaga puncak 35,2kW di 8.500rpm.

Knalpot berkonfigurasi 2-1 dengan mereduksi gas buang di katalisator melalui ruang pertama ke ruang resonator kedua. Knalpot berdiameter 120mm ‘shotgun’ style, dan menghasilkan suara berat yang khas dengan penyaluran torsi yang pas.

Untuk mendukung tampilan low-rider, Rebel dipasang pegangan mesin pada tiga area di rangka tubular dan dirancang sesempit mungkin di sekitar pengendara. Panjang trail diset pada 110mm dengan sudut rake 28° . Garpu offset 30° dikombinasikan n jarak sumbu roda 1488mm, menghasilkan ketinggian 690mm jok rendah dan pijakan kaki tengah, untuk keseimbangan kemudi.

Honda CMX500 Rebel hadir dengan 3 warna pilihan yakni Millenium Red, Mat Armored Silver Metallic, dan Graphite Black. Dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) Rp 149 juta (OTR Jatim).

Sementara itu bagi yang ingin modifikasi plug & play, Honda juga menyiapkan aksesoris resmi lewat Honda Genuine Accesories (HGA). Ada Headlight Mask, Engine Cover R, Cover Alu Side, dan Side Upper yang dijual HET (Harga Eceran Tertinggi) Rp 900 ribu hingga Rp 1,2 jutaan. kbc7

Bagikan artikel ini: