Peduli lingkungan, PJB launching Green Power Plant Cirata

Jum'at, 26 Mei 2017 | 14:30 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Pembangkitan Jawa-Bali (PT PJB), salah satu anak perusahaan PT PLN (Persero) meluncurkan program Green Power Plant di Cirata. PLTA Cirata yang berkapasitas 8x126 MW mempunyai potensi alam yang baik, berlokasi di desa Citamiang, Kabupaten Purwakarta, yaitu Waduk Cirata yang mempunyai luasan kurang lebih 7.110 ha yang mendukung proses pembangkitan listrik 1428 GWh/tahun.

Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara mengatakan, Green Power Plant Cirata meliputi Agroforestri dengan varian tanaman endemik dan buah-buahan sebagai bagian dari keanekaragaman hayati, Gedung Dam Control Centre dengan view Bendungan dan Waduk Cirata,. Selain itu juga ada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Cirata yang berbasiskan renewable energi (hydro power plant) dengan underground power house terbesar di dunia dan Photovoltaic/Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Cirata dengan kapasitas 1MW terbesar di pulau Jawa yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

"Program jangka waktu ke depan, Cirata akan mengembangkan konsep Green Power Plant yang berbasiskan Educational, Local Communities, Conservation dan Sustainable Technology," ujarnya.

Lebih lanjut Iwan Agung mengatakan bahwa sejauh ini misi PJB adalah menjalankan bisnis pembangkitan secara berkualitas, berdaya saing dan ramah lingkungan, yaitu PJB dalam menjalankan bisnis berkomitmen untuk patuh terhadap peraturan, memperhatikan aspek K3L serta aman dari sisi karyawan dan aset. Produk berkualitas tinggi dengan indikator EAF dan EFOR dan tetap menawarkan harga yang kompetitif. Membangun proyek-proyek Energi Baru Terbarukan yang ramah lingkungan

“Kepedulian kami terhadap aspek K3 kami manivestasikan dengan melakukan roll out program-program K3 di seluruh Pembangkit Listrik yang dikelola PT PJB serta membuat terobosan-terobosan baru di bidang K3. Bahwa PT PJB adalah perusahaan yang ramah lingkungan kami buktikan dengan mengimplementasikan Green Power Plant di Unit Pembangkitan PT PJB," tandasnya.

Puncak peresmian Green Power Plant ditandai dengan penandatanganan prasasti. Hal ini disertai dengan rangkaian kegiatan pelestarian lingkungan meliputi kampanye lingkungan oleh Dik Doank, penanaman pohon endemik dan simbolis petik buah di Agroforestry PT PJB BPWC.

Selain itu, dilakukan kunjungan di area pembangkit listrik PT PJB UP Cirata, yang juga termasuk dalam program Green Power Plant Cirata. Lokasi tersebut diantaranya Dam Control Center (DCC), Power House PLTA, dan PLTS.

DCC merupakan pusat kontrol dan monitoring Bendungan Cirata, yang dipilih sebagai lokasi pelepasan burung endemik sebagai simbolis kepedulian perusahaan dalam menjaga habitat lingkungan sekitar. Tempat selanjutnya, Power House PLTA Cirata, dimana undangan diperkenalkan dengan sistem pengoperasian PLTA yang ramah lingkungan.

Tidak kalah menarik, PLTS Cirata sebagai riset energi baru terbarukan, menjadi lokasi kunjungan terakhir dalam rangkaian acara Green Power Plant Cirata. PLTS Cirata menerapkan teknologi panel surya jenis thin film dengan daya terpasang sebesar 1 MW. Hal ini menjadikan PLTS Cirata yang terbesar di Pulau Jawa.

Green Power Plant Cirata ini mengangkat suatu konsep yang dinamakan “CINTA: Cirata Nature, Technology & Adventure”, yang meliputi 4 sub program, yaitu “CINTA” Education sebagai bentuk kepedulian kami terhadap pendidikan pada generasi negeri ini dalam hal pembangkitan listrik dan lingkungan hidup. Telah kami implementasikan melalui DCC (Dam Control Center) dan kampus PJB Academy Cirata di akhir tahun ini.

“CINTA” Sustainable Technology sebagai bentuk kepedulian terhadap pengembangan teknologi berkelanjutan dalam bisnis pembangkitan listrik. Telah kami implementasikan melalui hydro power plant ini sendiri dan juga solar photovoltaic.

“CINTA”Conservation sebagai bentuk kepedulian terhadap konservasi lingkungan hidup di kawasan Unit Pembangkit serta Bendungan dan Waduk Cirata. Telah kami implementasikan di Agroforestri, di mana kita berada saat ini.

“CINTA”Local Communities sebagai bentuk kepedulian kami terhadap pengembangan potensi lokal termasuk sumber daya masyarakat. Telah kami implementasikan melalui kegiatan CSR kerajinan eceng gondok BPWC dan tas daur ulang sampah UP Cirata sebagai souvenir kunjungan.

Di akhir acara, diselenggarakan konferensi pers dengan pembicara Kadiv K3L PT PLN (Persero), dan Direktur Utama PT PJB. Dalam konferensi pers disebutkan bahwa harapan bergulirnya program Green Power Plant Cirata mampu menjadi inspirasi bagi seluruh unit milik PLN, melalui PJB selaku anak perusahaan, sebagai basis percontohan tata kelola pembangkitan dengan mempertimbangkan aspek lingkungan.kbc6

Bagikan artikel ini: