40 Taksi di Marseile bakal promosikan 'Wonderfull Indonesia'

Senin, 29 Mei 2017 | 12:11 WIB ET

LONDON, kabarbisnis.com: Branding Wonderful Indonesia bakal berkeliling Kota Marseille dengan memasang stiker di 40 taksi yang berkeliling kota menyapa Les Marseillais, sebutan bagi penduduk Kota Marseille.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Marseille, Dewi M Kusumaastuti mengatakan, pihaknya menebar branding  bekerja sama dan berkoordinasi dengan Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Prancis di Paris, Eka Moncarre.

"Kegiatan promosi bersama itu akan dimulai 1 Juni dan menyediakan brosur wisata berbagai destinasi wisata di Indonesia yang disediakan dalam taksi," kata Dewi, Minggu (28/5/2017).

Menurut Dewi, promosi Wonderful Indonesia melalui taksi di Marseille ini rencananya akan dilaksanakan selama sebulan penuh untuk terus menjaring wisatawan potensial di Prancis ke Tanah Air.

Info ini akan menambah promosi branding Wonderful Indonesia di berbagai belahan dunia. Ada di Times Square New York Amerika Serikat, ada di Schiphol Airport Belanda, ada di Shanghai Tiongkok, di beberapa kota Australia, di Tokyo Jepang dan New Delhi India.

Pengalaman membungkus taksi dengan sticker Wonderful Indonesia sudah pernah dilakukan di Great Britania, saat WTM London tahun 2015 dan 2016. Tahun 2015 ada 200 black cab taxi London dibungkus Wonderful Indonesia dengan berbagai desain destinasi wisata yang sudah branding dan siap jual.  Tahun 2016 naik menjadi 400 taksi.

Eka Moncarre menambahkan, branding tersebut nantinya akan menyapa "Les Marseillais" Prancis bagian Selatan, serta para wisatawan asing di kota Marseille. Gambar objek wisata Indonesia berupa Bali, Danau Toba, Pulau Komodo dan Candi Borobudur akan berkeliling kota melalui promosi Wonderful Indonesia pada 40 taksi Marseille. Nah, Taxi Marseille mampu menjaring konsumen tetap hingga 1.000 orang per-bulan dan melewati lebih dari 500 rute jalan setiap bulannya.

"Melalui exposure kepada sekitar 1,06 juta penduduk Marseille dan sekitar 4 juta wisatawan per tahun di Marseille," jelas dia.

Mereka dapat melihat poster iklan di taksi, dengan materi promosi Wonderful Indonesia ini. ''Langkah ini akan menjaring calon wisatawan Prancis ke Indonesia yang biasa liburan mulai musim panas bulan Juli-Agustus," ujar  Dewi seperti dikutip dari Antara.

KJRI rencananya juga akan memaksimalkan promosi Wonderful Indonesia, Tour Operator Prancis Climats du Monde yang akan menyediakan 2.000 flyer wisata Indonesia yang disediakan di dalam taksi Marseille.

"Kita akan membuat mereka teropesona melihat dan menikmati Indonesia di dalam taksi sambil berkeliling kota," ujar Eka.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengucapkan terima kasih kepada pihak KJRI yang dapat bersinergi mempromosikan Wonderful Indonesia. Menurut dia, kalau ingin menjadi pemain global, gunakan selalu global standart terutama eksistensi kita saat berpromosi di luar negri.

"Mau tetap atau berubah, mau satu atau lebih dari satu, ada contoh suksesnya. Lakukan apa yang sudah sukses dan mereka (global) sudah lakukan, jangan memulai dari awal. Tapi berawal dari akhir," ucap lulusan ITB Bandung, Surrey University UK, dan Doktoral di Unpad Bandung itu. kbc10

Bagikan artikel ini: