Pasar Induk Osowilangun Surabaya aktif dukung pelaksanaan pasar murah

Kamis, 08 Juni 2017 | 17:24 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) aktif mendukung berbagai program pasar murah yang digelar oleh berbagai elemen, mulai dari komunitas hingga instansi pemerintahan.

General Manager PIOS Rahayu Trisila mengatakan, ada sejumlah agenda program pasar murah yang didukung oleh PIOS di bulan Ramadan ini. "Kami mendukung berbagai program pasar murah untuk membantu masyarakat mendapatkan komoditas yang diinginkannya dengan harga yang terjangkau," jelas Trisila di Surabaya, Kamis (8/6/2017).

Di antaranya adalah program pasar murah buah yang digelar Komunitas Bicara Surabaya bekerja sama dengan Pemkot Surabaya di halaman Artotel Surabaya pada 2-3 Juni lalu.  Selama dua hari itu, hampir 2,4 ton aneka buah diserbu masyarakat. Di hari pertama, sebanyak 800 Kg buah ludes dalam waktu 30 menit. Demikian pula di hari kedua, hanya dalam tempo tidak sampai 1 jam, sebanyak 1,6 ton buah ludes.

Selanjutnya, kata Trisila, PIOS bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri Surabaya akan menggelar pasar murah di area area Gedung Kejati Jatim, Jl Ahmad Yani dengan menyiapkan 3 ton buah dan sayuran pada Jumat besok (9/7/2017).

Setelah di Kejati Jatim, PIOS bersama Polrestabes Surabaya akan menggelar pasar murah buah dan sayuran sebanyak 5 ton di kawasan Tugu Bambu Runcing, Jl Panglima Sudirman, Surabaya. 

Selain dukungan menggelar pasar murah sayuran dan buah, PIOS juga menggeber operasi pasar bawang putih bersama Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian. Dalam operasi yang dimulai Rabu (7/6/2017) itu, bawang putih dijual dengan harga di bawah harga pasar, yaitu hanya Rp 20 Ribu/Kg.

"Kita siapkan 58 ton yang dijual dengan harga Rp 20 ribu per kilogramnya. Jika habis, akan kita datangkan lagi hingga harga bawang putih bisa dikendalikan," kata Trisila.

Menurut Trisila, operasi pasar bawang putih kali ini merupakan tindak lanjut dari operasi pasar yang dibuka langsung oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman beberapa waktu lalu.

Saat ini, kata dia, harga bawang putih di pasaran khususnya di Kota Surabaya masih berkisar di level Rp 50-6oribu/Kg. Sehingga dengan operasi pasar ini, Trisila berharap harga bawang putih bisa ditekan dan kembali normal.

"Warga yang ingin membeli bawang putih sangat murah dengan harga Rp 20 ribu per kilogramnya bisa langsung ke PIOS yang ada di kawasan Tambak Osowilangun,” kata Trisila, kbc5

Bagikan artikel ini: