Gubernur Soekarwo pastikan angkutan mudik Lebaran 2017 lebih baik

Senin, 12 Juni 2017 | 18:08 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Gubernur Jawa Timur Soekarwo menegaskan bahwa persiapan pelayanan angkutan lebaran di wilayahnya pada tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, khususnya angkutan laut.

Hal itu disampaikan Soekarwo pada apel siaga dan gelar pasukan pelayanan angkutan lebaran Jawa Timur Tahun 2017 di depan kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur, Jalan A Yani, Surabaya, Senin (12/6/2017).

"Persiapannya bagus sekali, saya kira ini meningkat, terutama angkutan laut yang bertambah 5 kapal dari 200 di tahun sebelumnya. Sedangkan untuk bis sudah sampai 777 armada," katanya.

Dalam kesempatan itu Gubernur Jatim mengungkapkan bahwa persiapan pelayanan angkutan lebaran pada tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, khususnya angkutan laut yang bertambah. "Persiapannya bagus sekali, saya kira ini meningkat, terutama angkutan laut, dan  untuk bis sudah sampai 777 armada," kata Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim.

Dalam kesiapan angkutan lebaran tahun ini,  Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga menyeleksi ketat kalayakan jalan untuk angkutan bis termasuk para pengemudi. "Pengecekan rem dan perlengkapan ini harus ketat, tidak memenuhi syarat disuruh pulang, semuanya difoto dan ditunjukkan biar ada kepastian pada penumpang," tegas dia.

Dishub Jatim juga akan memberlakukan tes kesehatan dan tes urine pada sopir bis angkutan lebaran. "Tes urine dilakukan untuk memastikan sopir tidak memakai narkoba, dan jika kedapatan pakai narkoba akan diserahkan pihak kepolisian," imbuh Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Wahid Wahyudi.

Sementara itu Direktorat Jenderal  Kementerian Perhubungan, Wahju Satrio Utomo, mengungkapkan bahwa persiapan pelayanan angkutan lebaran tahun ini melebihi prediksi meskipun penumpang lebaran tahun ini mengalami penurunan seperti penumpang bis, laut dan udara. "Untuk angkutan laut ada penambahan 5 kapal dari 200 kapal yang dipersiapkan," ujarnya.

Adapun pasukan gabungan yang mengikuti apel, yakni dari Dishub Jawa Timur, Dishub Kota Surabaya, Dishub Kabupaten Sidoarjo, Syahbandar, PT Angkasa Pura, dan Kepolisian Lalu Lintas Polda Jatim. kbc10

Bagikan artikel ini: