Bidik pelaku UMKM, Modalku ekspansi ke Surabaya

Kamis, 15 Juni 2017 | 20:17 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Mitrausaha Indonesia Grup, penyedia jasa layanan  peer-to-peer lending berbasis financial technology (Fintech) dengan brand Modalku, memperluas jangkauan layanannya ke Surabaya setelah sukses mengembangkan jaringan di Jabodetabek dan Bandung.

Co-Founder dan Chief Operating Officer Modalku, Iwan Kurniawan, mengatakan pihaknya melakukan ekspansi ke Surabaya dengna membidik pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Surabaya untuk menjadi nasabah pembiayaan mikro.

“Kami menawarkan pinjaman modal usaha dengan proses aplikasi online singkat dan waktu persetujuan cepat. Peminjam UKM dapat mendaftar untuk pinjaman modal usaha tanpa agunan hingga Rp 2 miliar dan tenor hingga 24 bulan,” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Rabu (14/6/2017).

Iwan menambahkan, UMKM merupakan tulang punggung ekonomi negara yang menyumbang 60.3% dari pendapatan negara dan mempekerjakan 97% dari tenaga kerja nasional. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu permasalahan utama UMKM Indonesia adalah kurangnya akses terhadap modal usaha dan pendanaan.

Tanpa modal, UMKM sulit meningkatkan kapasitas usahanya atau mengembangkan produk yang mampu bersaing di pasar.

“Sesuai dengan visi Modalku, kami berkomitmen untuk memberdayakan UMKM lokal dan memberikan dampak positif bagi ekonomi Indonesia. Modalku menyediakan layanan peer-to-peer lending berbasis teknologi finansial, di mana UMKM berpotensi dan pencari investasi alternatif dipertemukan lewat pasar digital. Dengan mendanai pinjaman yang dibutuhkan UMKM Indonesia untuk berkembang, pemberi pinjaman Modalku mendapatkan alternatif investasi dengan tingkat pengembalian yang menarik,” uajrnya.

Di sisi lain, UMKM peminjam mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan dengan tenor jangka pendek dan proses online yang mudah dan cepat. Selanjutnya, tim Modalku berharap dapat membuka kantor perwakilan di kota-kota lain agar semakin banyak UMKM Indonesia yang memiliki akses ke pinjaman modal usaha.

Saat ini , Modalku telah menyalurkan pembiayaan senilai lebih dari Rp 183 miliar di seluruh Indonesia yang telah disalurkan ke 334 UKM. kbc8

Bagikan artikel ini: