Alibaba siap buka data center di Indonesia

Jum'at, 16 Juni 2017 | 15:10 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Alibaba Cloud, penyedia layanan komputasi awan (cloud computing) dari Alibaba Group Tiongkok, berencana membuka dua pusat data (data center) baru di Jakarta, Indonesia, dan Mumbai, India. Kehadiran data center tersebut akan memberikan dukungan untuk usaha kecil dan menengah (UKM) dengan kemampuan cloud yang kuat, terukur, hemat biaya, dan aman.

Simon Hu, Senior Vice President of Alibaba Group dan President Alibaba Cloud, mengatakan, pihaknya percaya bahwa Alibaba Cloud merupakan satu-satunya penyedia jasa cloud global dari Asia, yang memposisikan diri secara unik dengan keuntungan budaya dan kontekstual untuk menyediakan inovasi data intelejen dan kemampuan komputisasi kepada pengguna di daerah-daerah tersebut.

“Membangun data center di Indonesia dan India akan memperkuat posisi kami di area ini dan juga secara global,” kata Simon Hu, dalam keterangannya.

Dengan kehadiran data center terbaru tersebut, Alibaba Cloud akan menambah total data center menjadi di 17 lokasi, setelah berdiri di Tiongkok, Australia, Jerman, Jepang, Hong Kong, Singapura, Arab Saudi, dan Amerika Serikat.

“Data center Asia yang baru ini akan menawarkan layanan lengkap, menyediakan fleksibilitas untuk perusahaan dan organisasi guna membangun seluruh infrastruktur bisnis TI (teknologi informasi) mereka di Alibaba Cloud, atau menjalankan mission-critical dan aplikasi inti di dalamnya,” jelasnya.

Menurut Simon, kehadiran dua data center Alibaba Cloud tersebut akan menjadikannya perusahaan cloud computing global pertama yang membangun data center di Indonesia dan secara signifikan meningkatkan infrastruktur TI lokal di belakang jaringan pusat data global Alibaba Cloud. kbc1

Bagikan artikel ini: