Motor MotoGP Marc Marquez versi jalanan bisa dicoba, berminat?

Selasa, 20 Juni 2017 | 06:35 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Anda yang penasaran untuk bisa meunggangi motor MotoGP tunggangan Marc Marquez dan Dani Pedrosa bakal bisa mewujudkannya. Pasalnya, motor versi jalan raya dari Honda RC213V-S ini siap keliling jalanan di Indonesia. PT Astra Honda Motor (AHM) memboyong Honda RC213V-S ke Indonesia dan mengirimkannya ke beberapa wilayah dalam kegiatan ini.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Agustinus Indraputra mengatakan masyarakat memiliki kesempatan eksklusif untuk melihat lebih dekat dan mengendarai motor MotoGP versi jalan raya Honda RC213V-S. “Ya, masyarakat bisa mencoba langsung motor berspesifikasi MotoGP,” kata Indraputra dalam siaran persnya, Senin (19/6/2017).

Aksi MotoGP tim Repsol versi jalan raya ini berlangsung pada periode Juni hingga Agustus 2017 di berbagai wilayah, seperti Sumatera Utara, Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Honda RC213V-S juga akan menjadi salah satu pusat perhatian dalam gelaran Track Day Honda CBR community di 7 kota, yaitu di Sidrap Circuit (Sulawesi Selatan), Riau Stadium (Riau), Manahan Stadium (Solo, Jawa Tengah), Kalan Circuit (Samarinda, Kalimantan Timur), Pancing Circuit (Medan, Sumatera Utara), Pantai Kenjeran (Surabaya, Jawa Timur), dan Balipat Circuit (Banjarmasin, Kalimantan Selatan).

“Kesempatan khusus menungganggi motor Honda RC213V-S seperti tunggangan Marc Marquez di lintasan Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat, dalam acara puncak Track Day Honda CBR community pada 20 Agustus mendatang,” ujar Indraputra.

Honda RC213V-S merupakan motor versi jalan raya dari Honda RC213V yang menjadi tunggangan pebalap Repsol Honda pada ajang balap motor tertinggi, MotoGP. Sebagai motor prototipe dari Honda RC213V, produk ini memiliki konfigurasi mesin serupa dengan yang ditunggangi Marc Marquez di ajang MotoGP. yaitu mengusung mesin DNA balap V-4, 4-stroke, DOHC, 4-valve, 6-speed, berpendingin cairan (liquid-cooled) dengan kapasitas 999cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 117 kW pada 11.000 rpm dan torsi 102 Nm pada 10.500 rpm untuk versi standar. Motor ini menerapkan system bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dengan kapasitas bahan bakar 16,3 L.

Honda RC213V-S diproduksi secara khusus di pabrik Kumamoto, Jepang. Dirakit secara manual oleh tenaga terampil pilihan Honda sehingga menjadikan produk ini eksklusif. Hanya beberapa perubahan dilakukan untuk menjadikan Honda RC213V-S dapat dikendarai di jalan raya.

Perubahan itu untuk menyesuaikan regulasi yang berlaku di antaranya penambahan lampu depan dan belakang, lampu bagi plat nomor kendaraan, lampu sein depan dan belakang, back mirror, speedometer, muffler dengan katalis, tempat penyangga plat nomor kendaraan, horn, Honda Smart Key, self-starter, dan side stand. Selain itu ada beberapa perubahan yang dilakukan untuk memudahkan dalam perawatan seperti penggantian seamless dan pneumatic valve. kbc10

Bagikan artikel ini: