Ramaikan bulan Ramadan, Yayasan El Rahmah kembali santuni dhuafa dan anak yatim

Kamis, 22 Juni 2017 | 13:36 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Yayasan PG, RA dan MI El-Rahmah kembali memberikan santunan kepada dhuafa atau masyarakat pra sejahtera dan anak yatim di bulan Ramadhan. Kali kini, santunan berupa beras zakat yang diberikan mencapai 200 paket dan uang tunai yang diberikan kepada 80 anak yatim.

“Alhamdulillah, tahun ini santunan dan zakat yang terkumpul dan bisa kami distribusikan semakin banyak. Santunan ini berasal dari zakatnya seluruh anak didik di Yayasan Al Rahmah serta sedekah dari wali murid dan lainnya,” ujar Ketua Yayasan El Rahmah, Achmad Faisol Syaifullah di Surabaya, Kamis (22/6/2017).

Saat ini, ada sekitar 700 anak didik atau santri yang menimba ilmu agama di Yayasan El- Rahmah. Selain mengaji di TPQ Fathul Muin, mereka juga bersekolah di PG, RA dan MI di sana. Selian itu, juga ada TPQ Dewasa yang diikuti oleh sejumlah ibu-ibu di lingkungan sekitar.

Wakil Ketua Yayasan El Rahmah, Siti Fathonah menuturkan bahwa lembaga pendidikan ini didirikan dengan tujuan agar banyak anak yang bisa menimba dan mendalami ilmu agama sejak dini, khususnya tentang ilmu Quran. Karena di sini, mereka akan dibiasakan mengaji dengan benar sejak usia dini. Selain itu, untuk Madrasah Ibtidaiyah setaraf Sekolah Dasar (SD), program yang diterapkan adalah tahfiz atau menghafal Quran.

Dan di saat bulan Ramadhan, pihak yayasan ingin lebih intens menanamkan semangat kebersamaan kepada anak didik dengan berbagi dan menyantuni masyarakat sekitar. Selain menyalurkan zakat, mereka juga diajak bersedekah dengan membagikan takjil kepada pengguna jalan di depan sekolah. Hampir 1.000 bungkus takjil telah dibagikan aelama empat hari.

“Selain menumbuhkan semangat berbagi, kami juga mengajak mereka untuk lebih bersemangat mengaji. Bahkan untuk mengaji yang normalnya dilakukan pada siang hari hingga sore, maka selama Ramadhan dilaksanakan setelah shalat Shubuh ini untuk mengedukasi anak didik agar tidak malas,” ujar Fathonah.

Anak didik juga diharuskan ikut pondok Ramadhan. Berbagai kegiatan agamis dilaksanakan, diantaranya lomba qiroati dan adzan, membaca shawat  nabi dan berpidato.kbc6

Bagikan artikel ini: