Kiat sukses ala Sonita Lontoh, diaspora Indonesia yang jadi petinggi Siemens

Minggu, 02 Juli 2017 | 15:21 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Banyak orang Indonesia yang sukses di negeri orang. Sonita Lontoh misalnya. Dia salah satu orang Indonesia yang sukses merantau di Amerika Serikat. Dia kini menjadi salah satu eksekutif di Siemens.

"Saya bekerja di Silicon Valley selama 15 tahunan, bagi saya itu sesuatu yang mengajarkan saya banyak hal. Kemudian bos saya menawarkan saya untuk pindah ke Siemens. Bagi saya ini kesempatan yang bagus, saya ambil dan kemudian saya bekerja," ujar Sonita saat menjadi pembicara di Kongres Diaspora Indonesia ke-IV, Jakarta, Sabtu (1/7/2017).

Wanita berdarah Minahasa dan Minangkabau itu menyebut sejumlah syarat untuk menjadi sukses. Diantaranya, kerja keras, berani mengambil keputusan, dan optimistis.

"Kamu harus bisa bekerja keras dan outstanding. Selalu lihat kesempatan dari sisi positif. Orang katanya kalau lihat gelas setengah, kita bisa lihat gelasnya full atau kosong. Selalu lihat gelas itu penuh karena itu menggambarkan kodisi kita," katanya.

"Kemudian, Jangan cuma fokus pada passion. Gunakan skill yang kita punya dan fokus pada tujuan. Kamu harus mengubah mindset, improving your self dan nikmati yang kamu lakukan sebagai suatu permainan."

Dia menambahkan gender dan identitas kebangsaan bukan penghalang untuk meraih kesuksesan di negeri orang.

"Terus terang saya nggak merasa ada hambatan bekerja dengan laki-laki atau karena ada perbedaan gender. Itu semua sama, pria dan wanita punya porsi yang sama untuk berkarya," ujarnya. kbc10

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: