Perkenalkan investasi aman, Bukalapak gelar seminar Reksa Dana

Kamis, 13 Juli 2017 | 17:00 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Marketplace online terbesar di Indonesia, Bukalapak terus berupaya meningkatkan literasi keuangan khususnya di investasi Reksa Dana dengan menggelar seminar bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Business Development Manager Bukalapak, Gahayu Handari, mengatakan seminar bertajuk “Reksa Dana – Produk Investasi Aman, Mudah dan Terjangkau” ini diharapkan dapat memberi edukasi dan wawasan yang cukup bagi amsyarakat mengenai investasi di produk Reksa Dana.

“Saat ini tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Tahun 2016 saja angkanya masih berkisar 29,66%, sehingga menjadi rawan untuk dijadikan sasaran maraknya ajakan investasi ilegal. Untuk meningkatkan perlindungan konsumen serta kepercayaan masyarakat kepada industri keuangan, instansi-instansi perlu melakukan tindakan preventif, kuratif ataupun represif. Untuk itu, Bukalapak akan terus mendukung usaha OJK dalam rangka mendorong intensitas sosialisasi dan edukasi kepada publik serta mengembangkan metode penjualan produk khususnya Reksa Dana,” ujar Gahayu di sela seminar Reksa Dana yang digelar di Hotel JW Marriott Surabaya, Kamis (13/7/2017).

Bukalapak sendiri saat ini telah menjadi agen penjual Reksa Dana melalui kerjasama dengan Bareksa. Bukalapak memasarkan 2 produk Reksa Dana yakni Reksa Dana CIMB-Principal BukaReksa Pasar Uang yang merupakan Reksa Dana konvensional dan Reksa Dana Syariah Mandiri Bukareksa Pasar Uang.

Investor bisa membeli Reksa Dana di Bukalapak mulai dari Rp 10 ribu. Saat ini jumlah investor yang sudah berinvestasi Reksa Dana melalui Bukalapak mencapai 30 ribu investor.

“Kami ingin terus meningkatkan jumlah investor Reksa Dana di Bukalapak sehingga masyarakat bisa mempunyai lebih banyak pilihan di Bukalapak. Bukan hanya kegiatan konsumtif seperti berbelanja namun juga bisa berinvestasi,” kata Gahayu.

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Investasi OJK, Sujanto, menambahkan penjualan produk Reksa Dana melalui online marketplace seperti Bukalapak bisa memberikan alternatif produk investasi yang aman bagi masyarakat.

“Dengan adanya kegiatan seminar ini, kami berharap mampu memberikan informasi yang baik mengenai transaksi Reksa Dana dengan memanfaatkan teknologi digital yang sesuai dengan peraturan yang berlaku, sehingga masyarakat aware akan kemudahan dan keamanan dalam berinvestasi di Reksa Dana,” ujar Sujanto. kbc8

Bagikan artikel ini: