Seru! Pelindo III ajak siswa Kalteng berpetualang di Jambi

Rabu, 26 Juli 2017 | 05:37 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Siebagai salah satu program BUMN Hadir Untuk Negeri, Kementerian BUMN kembali menunjuk seluruh BUMN untuk melaksanakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dengan mengajak ribuan pelajar SMA di Indonesia untuk saling berkunjung ke berbagai provinsi di Tanah Air.

Pelindo III yang ditunjuk sebagai penanggung jawab bersama PT Kimia Farma (Persero) dan PT Balai Pustaka (Persero) serta Dinas Provinsi Kalimantan Tengah, menjadi fasilitator 22 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) terbaik dari Provinsi Kalimantan Tengah untuk berpetualang selama seminggu penuh di Provinsi Jambi. Dua siswa difabel berprestasi turut bergabung di antara delegasi siswa berprestasi tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh seluruh BUMN tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa karena mereka sebagai agen pembangunan bangsa dimasa depan.

"Dengan kegiatan ini diharapkan di benak generasi muda Indonesia akan tertanam rasa bangga dan cinta tanah air sebagai bangsa yang memiliki keragaman budaya Nusantara. Setelah berkunjung dan berinteraksi langsung dengan saudara sebangsa di luar kampung halamannya, mereka akan mendapatkan pemahaman nyata tentang keragaman sebagai modal kemajuan Indonesia di masa depan, disaat mereka memimpin kelak," kata Vice President Corporate Social Responsibility Pelindo III Roy Darma Putera, dialam siaran pers yang diterima kabarbisnis.com, Surabaya, Selasa (25/7/2017).

Selain menfasilitasi perjalanan para siswa tersebut, Pelindo III juga mengajak siswa dari Provinsi Jambi untuk berkeliling dan melakukan berbagai aktifitas yang berguna dan mendidik di Kalteng.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa selama satu minggu para siswa dari Jambi akan diajak dan dikenalkan pada ragam budaya dan atraksi kesenian setempat misalnya melakukan kunjungan ke rumah adat khas Dayak di Huma betang Buntoi di Kabupaten Pulang Pisau dan berbagai kegiatan lainnya seperti Temu dengan Kaliwood Community, Tinggal di Rumah Betang di Desa Sei Gohong, Belajar Permaculture, Naik Kapal Wisata Susur Sungai, Singgah ke Desa-desa Tradisional,Berkunjung Ke Yayasan BOSF untuk Belajar tentang Orangutan & Seni Tari / Musik Workshop, Mengunjungi Sekolah Bina Cita Utama Rungan Sari, Workshop Kuliner Tradisional.

Para siswa juga diajak untuk berkunjung ke Pelabuhan Pulang Pisau yang merupakan salah satu pelabuhan yang dikelola Pelindo III. Disana mereka melihat bagaimanaPelindo III mengelola gerbang logistik utama di Kalimantan Tengah.

"Hal tersebut untuk memberi pemahaman atas fungsi BUMN sebagai penyokong perekonomian Indonesia. Termasuk Pelindo III yang mengelola 43 pelabuhan pada tujuh provinsi di Indonesia," ungkap Roy.

Diakhir acara para siswa dari Kalimantan Tengah dan Jambi akan dipertemukan untuk berbagi pengalaman yang diperoleh selama mengikuti kegiatan.

Sementara itu, Direktur Umum dan Human Capital PT Kimia Farma (Persero) Tbk, Arief Pramuhanto menjelaskan akan pentingnya kegiatan siswa mengenal nusantara ini, guna merangsang pemikiran anak Indonesia. “Program ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa bangga kepada generasi penerus bangsa akan keberagaman budaya dan kekayaan nusantara, serta memupuk tali persaudaraan dengan sesama anak bangsa,” tutur Arief.

Dalam pembekalan program SMN 2017, nantinya para siswa terpilih diharapkan akan mampu menceritakan pengalamannya setelah melaksanakan serangkaian kegiatan yang telah ditentukan. Para siswa juga akan diajak untuk membagikan pengalaman mereka melalui media sosial dan blog sehingga dapat menjangkau audience yang lebih luas.kbc6

Bagikan artikel ini: