Catatan pertumbuhan konsumsi konten di internet lewat UCWeb

Rabu, 26 Juli 2017 | 15:05 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: UCWeb menyebut ada pertumbuhan 50,88% dalam hal konsumsi konten yang diciptakan oleh kontributor individual pada platform besutan Alibaba Mobile Business Group tersebut. UCWeb sendiri adalah distributor konten platform.

General Manager UCWeb Indonesia Donald RU mengatakan, sebagai perusahaan yang didukung oleh teknologi big data dan berfokus pada distribusi konten, bukan sebagai perusahaan media, pihaknya melihat pentingnya mendistribusikan konten profesional yang sebagian besar diberikan oleh mitra medianya dan juga para kontributor.

"Setelah beberapa bulan mengoperasikan Program UC We-Media, kami menyadari bahwa professional-generated-content (PGC) tidak dapat menggantikan user-generated-content (UGC), tetapi UGC dapat menjadi pelengkap dalam ekosistem konten," jelasnya dalam keterangan resmi.

UCWeb berharap lebih banyak orang membagi ide-idenya. "Kami juga berharap agar para mitra kami akan mendapatkan keuntungan dari layanan kami dan dapat berkontribusi bersama untuk perkembangan era digital.”

Laporan tersebut menganalisa pergerakan platform mulai Maret hingga Juni 2017 yang juga menemukan total jumlah pengikut pada platform UC We-Media telah mencatat angka pertumbuhan yang konstan pada empat bulan terakhir.

Adapun jumlah pada Juni 2017 lebih tinggi 188,98% dibandingkan dibulan Mei 2017. Meningkatnya konten berkualitas juga telah meningkatkan total pendapatan kontributor sebesar 54,99%.

Laporan tersebut juga menyebutkan 10 penulis We-Media terbaik dalam 5 kategori, termasuk temuan singkat terkait dengan beberapa perwakilan We-Media yang menarik perhatian.

Di samping menjadi kontributor yang produktif secara konsisten, pencipta konten yang mengikuti gaya konten yang mudah dicerna oleh pengguna internet secara konsisten, selalu membahas mengenai topik terhangat, dan menulis dengan sudut pandang yang unik serta mendalam, akan cenderung menjadi kontributor yang menonjol dibandingkan kontributor lainnya. 

Jurnalis senior dan juga pendiri Asosiasi Jurnalis Independen (AJI), Satrio Arismunandar tetap berada diposisi teratas selama dua bulan berkat artikelnya.

“Saya sangat senang dapat berkontribusi di platform UC We-Media, sebuah wadah yang menyediakan kesempatan besar bagi siapa saja yang berambisi untuk menulis dan ingin mengasah kemampuannya," katanya.

Menurutnya masyarakat mungkin menyadari bahwa industri konten di Indonesia sangat banyak, bahkan berlimpah. Sayangnya, hal ini tidak dibarengi dengan kualitas dan komitmen untuk menjaga kualitasnya.

"Kita dapat melihat terdapat banyak sekali berita hoax dan informasi yang tidak akurat tersebar, yang saya yakin, terjadi karena kurangnya komitmen untuk terus menjunjung batasan-batasan etik dalam menulis dan menyebarkan informasi. Saya pribadi meminta para kontributor muda untuk terus bekerja dan terus belajar, untuk meningkatkan kualitas karya mereka. Jangan pernah berhenti belajar dan mengira bahwa pekerjaan Anda saat ini sudah sempurna,” jelas Satrio.

Adapun konten olahraga terus menduduki peringkat teratas

Selain artikel dengan analisis mendalam dan menstimulasi pikiran, olahraga juga menduduki peringkat teratas untuk kategori konten diantara pembaca berita UC.

Meningkatnya tren konten seputar kompetisi olahraga global dan lokal memicu keaktifan kontributor dalam menciptakan konten terkait dengan olahraga, mulai dari analisis dan strategi pemain, prediksi hasil, juga gosip seputar pemain.

Oleh karena itu, para kontributor konten olahraga juga mendapat penghasilan lebih banyak sebesar 10% dibandingkan dengan kontributor konten hiburan. Selain itu, banyak kontributor konten olahraga memperoleh sebagian besar pendapatannya pada akhir Mei karena banyak terselenggaranya kompetisi olahraga pada April dan Mei.

Laporan ini mengungkapkan bahwa total artikel yang dihasilkan oleh masing-masing kontributor meningkat sebesar 23,90%. kbc9

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: