Indahnya hotel-hotel di jajaran 10 terbaik Indonesia ini

Jum'at, 28 Juli 2017 | 08:22 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Indonesia patut bangga dengan kian banyaknya hotel yang mendapat penghargaan sebagai hotel terbaik di dunia dan jadi tujuan pelancong.  

Menurut situs perjalanan travel TripAdvisor ada sekitar 25 hotel di Indonesia yang masuk dalam kategori terbaik di dunia. Lewat penghargaan Travellers' Choice Awards TripAdvisor memberikan rating penilaian. Peringkat pertama diraih oleh Mandapa, A Ritz Carlton Reserve di Ubud.

"Penghargaan ini sangat penting bagi kami, karena penilaian didapat langsung dari tamu. Kami sangat berterima kasih kepada komunitas tripadvisor. Penghargaan mereka benar-benar mencerminkan kerja keras dan dedikasi para pegawai," ujar Ana Henriques, General Manager of Mandapa, A Ritz Carlton Reserve, Kamis (27/7/2017).

Selain Mandapa, The Trans Resort yang berada di Seminyak, Bali juga berhasil menduduki peringkat ketiga. "Kami bersyukur masuk hitungan sebagai hotel terbaik karena tidak semua dapat gelar itu," ungkap Wayne Ocvaldo Widjanarko, Creative Communication Executive The Trans Resort Bali.

Sementara, bagi Bisma Eight di Ubud, penghargaan sebagai hotel terbaik tahun ini merupakan kali kedua bagi mereka. Namun, tahun lalu mereka berada di urutan 17 dari 25 hotel terbaik versi TripAdvisor. "Senang sekali mendapat penghargaan yang ada di Tripadvisor karena bisa memberikan kenyamanan dan apa yang tamu butuhkan," sebut Wulan Sastra, Head of Communication Bisma Eight Group.

Tercatat ada tujuh hotel lain yang mendapat predikat terbaik versi situs Tripadvisor. Yaitu Komaneka ats Bisma di Ubud, Komaneka at rasa sayang di Ubud, The Samaya, Seminyak di Bali, Wapa di Ume Resort and Spa di Ubud, The Legian Bali, Seminyak, Komaneka at Tanggayuda dan The Oberoi, Lombok Tanjung.

Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengatakan, ada kebanggaan tersendiri bahwa Indonesia bisa meraih penghargaan hotel terbaik di dunia dan dalam negeri. "Memang Indonesia punya banyak pilihan hotel, harga yang ditawarkan juga cukup kompetitif dibanding negara lain," ujar Hariyadi.

Penghargaan ini juga tak lepas dari peran arsitek lokal. Selain itu, yang membuat hotel-hotel Indonesia punya predikat terbaik lantaran fungsinya dan adanya kesatuan hotel dengan lingkungan. "Yang paling penting arsitektur dan tampilan hotel itu sendiri," ungkapnya.

Beberapa waktu lalu, Menteri Pariwisata Arief Yahya juga bangga dengan masuknya banyak hotel di Indonesia dalam penghargaan ini. Arief bilang, hal tersebut mampu menarik wisatawan asing untuk menetap dan turut membantu perekonomian daerah wisata. "Anda akan sangat bangga dengan informasi predikat hotel terbaik di dunia ada di Indonesia," pungkas Arief Yahya. kbc10

Berikut 10 hotel terbaik di Indonesia menurut laman Tripadvisor LLC:

1. Mandapa, A Ritz Carlton Reserve, Ubud

2. Komaneka at Bisma, Ubud

3. The Trans Resort, Bali, Seminyak

4. Bisma Eight, Ubud

5. Komaneka at Rasa Sayang, Ubud

6. The Samaya Bali, Seminyak

7. Wapa di Ume Resort and Spa, Ubud

8. The Legian, Bali, Seminyak

9. Komaneka at Tanggayuda

10. The Oberoi, Lombok, Tanjung

Bagikan artikel ini: