Perkuat bisnis cafe, Dunkin' Donuts bakal ubah nama

Minggu, 06 Agustus 2017 | 09:15 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Salah satu waralaba penyedia donat dan kopi terpopuler di dunia, Dunkin' Donuts, mempertimbangkan pengubahan nama menjadi hanya Dunkin'.

Diberitakan CNN Money, pengubahan nama ini akan dimulai pada salah satu gerai yang akan dibuka pada Agustus ini di Pasadena, California. Beberapa gerai lainnya yang menggunakan nama Dunkin' akan dibuka beberapa bulan kemudian.

Pemilik Dunkin' Donuts yakni Dunkin' Brands menyebut, pergantian nama bisa dilakukan tahun depan sehingga ribuan gerai yang tersebar di seluruh dunia harus menghapus kata Donuts pada papan nama. Hal yang sama juga akan diterapkan pada papan-papan iklan mereka.

Hanya saja, hingga saat ini belum ada keputusan resmi soal pengubahan nama ini. "Uji coba ini bersesuaian dengan rencana perusahaan untuk mengembangkan citra perusahaan yang baru," demikian pernyataan resmi Dunkin' Brands.

"Kami tidak akan mengambil keputusan soal merek kami hingga paruh kedua 2018 ketika kami mengeluarkan citra baru toko kami," imbuh Dunkin' Brands.

Sekadar diketahui, Dunkin' Donuts menguasai pasar donat di Amerika Serikat yaitu sebesar 62,1 persen. Dunkin' Donuts menguasai pasar donat di Amerika Serikat yaitu sebesar 62,1 persen. Citra baru Dunkin' Donuts diperkirakan tidak lagi berpusat pada makanan, tapi lebih menekankan minuman. Salah satunya kopi.

Pernyataan resmi perusahaan menyatakan, mereka ingin menekankan kembali posisi sebagai "produsen minuman dan kopi yang unggul". Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan itu memang mulai bergerak agresif memasuki pasar produsen kopi dengan mengeluarkan produk baru seperti kopi beku.

Di Amerika Serikat, menurut data IBIS World, Dunkin' Donuts memiliki pangsa pasar 62,1 persen pada industri donat.

Nama Dunkin' Donuts sendiri sudah digunakan selama lebih dari tujuh dekade, sejak toko pertamanya dibuka di Massachusetts, AS, pada 1950. Nama itu terdapat pada lebih dari 11.300 gerai di seluruh dunia, dimana 8.500 di antaranya di AS.

Baru-baru ini, Dunkin' Brands mengumumkan bahwa mereka akan membuka 380 hingga 450 gerai lagi hingga akhir tahun nanti. kbc10

Bagikan artikel ini: