Ini senjata Toyota hadapi Wuling dan small MPV Mitsubishi

Senin, 7 Agustus 2017 | 16:48 WIB ET

HANOI, kabarbisnis.com: Munculnya pemain baru di segmen small multi purpose vehicle (smal MPV) rupanya membuat Toyota ketar-ketir juga. Tak heran pabrikan asal Jepang ini pun bergerak cepat untuk merenovasi smal MPV andalannya, Avanza guna menghadapi pasar MPV yang semakin ketat.

Adalah Toyota Vietnam yang mulai memperkenalkan Toyota Avanza terbaru yang diklaim harganya jauh lebih murah. Seperti dilansir dari Autopro (5/8/2017), Toyota Vietnam rencananya akan mendistribusikan Avanza terbari ini tahun depan

Dalam Pameran Vietnam Motor Show, (VMS) 2017, Toyota Vietnam tidak hanya meluncurkan kendaraan seperti WIGO, Corolla Altis 2017 eSports atau Alphard tetapi juga memperkenalkan kepada pelanggan Vietnam ukuran mobil kecil MPV dan Toyota Avanza murah.

Wakil Toyota mengatakan unit Avanza diharapkan akan diserahkan pada kuartal pertama tahun depan asli dan rentang harga jual antara 400-500 juta Dong atau sekira (Rp235-Rp294 Jutaan)

Harga jual pada pelanggan yang ada hanya untuk tamasya di 2017 referensi VMS. Lebih mungkin, MPV kecil murah Toyota ini akan diimpor langsung dari Indonesia ke Vietnam.

Mobil Toyota Avanza tak pernah absen dari puncak segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) murah sejak diluncurkan 2003 silam.

Avanza lahir melalui perjalanan panjang. Berawal dari krisis moneter pada 1998 yang melanda Tanah Air, harga kendaraan melambung ke level tertingi dalam sejarah automotif di Indonesia.

Saat itu, Toyota Kijang yang merupakan kendaraan favorit keluarga dengan harga terjangkau terpaksa mengalami kenaikan. Padahal, Kijang adalah mobil yang cocok dengan masyarakat Indonesia.

Hal ini yang membuat Toyota berusaha merumuskan mobil baru di segmen mobil keluarga. Pengalaman membesarkan nama Kijang sejak era 1970-an adalah bekal berharga untuk menciptakan kembali mobil keluarga Indonesia.

Toyota Avanza adalah produk costumer oriented yang dikembangkan dan diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar di dalam negeri. Serangkaian survei dilakukan untuk memastikan seperti apa sebetulnya kebutuhan masyarakat Indonesia. Untuk memastikan hal itu, Toyota turun ke lapangan hingga pelosok daerah.

Avanza seri E Avanza E 1.3 adalah seri Avanza yang paling bawah. Ada beberapa fitur yang tidak ditambahkan seperti halnya pada avanza type G 1300 yaitu, tidak dilengkapi dengan lampu sein dibagian bawah spion, tidak dilengkapi lis chrome pada lampu kabut, tidak dilengkapi tape/cd untuk seri lawas, serta dibagian belakang type E tidak dilengkapi dengan spoiler.

Sedangkan untuk velg, Avanza type E hanya dibekali velg standard 14. perbedaan avanza seri E,G,S,Dan Veloz Avanza type G Untuk avanza seri G 1.3 sudah ditambahkan head unit atau perangkat pemutar audio.

Pada kaki-kaki, seri G 1.3 dibekali dengan velg alloy 14 inch, dan ditambahkan lis chrome pada lampu kabut. Kebalikan dari seri E 1.3, pada bagian belakang seri G 1.3 ditambahkan spoiler sehingga menampilkan kesan sporty. Lihat Juga : Penyebab mobil diesel keluar asap hitam tebal dan getaran keras Mesin avanza seri G dan seri E Untuk dapur pacu, kedua type avanza E dan G ini menggunakan mesin yang sama yaitu 4 silinder 16 valve DOHC VVT-i 1300 cc.

VVT-i adalah teknologi injeksi bahan bakar Toyota terbaru, yang sudah digunakan pada mesin avanza sejak tahun 2007. Khusus untuk toyota avanza type G, sejak keluaran tahun 2014 ada versi yang berbeda lagi yaitu type G 1.5 Luxury(varian mewah seri avanza) dimana yang menggunakan mesin yang lebih besar yang berkapasitas 1500 cc. kbc10

Bagikan artikel ini: