Jaring wisman, Grup Panorama ekspansi ke Thailand

Selasa, 8 Agustus 2017 | 04:00 WIB ET
Pantai Pulau Merah, Banyuwangi
Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

JAKARTA, kabarbisnis.com: Anak usaha Grup Panorama, PT Destinasi Tirta Nusantara Tbk, akan membuka cabang di Thailand untuk menjaring lebih banyak lagi wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. Kantor operasional tersebut diharapkan sudah mulai beroperasi pada semester II ini.

“Kami akan meningkatkan kapasitas operasional Perseroan melalui pembukaan cabang Thailand pada semester II ini, karena Thailand merupakan destinasi populer dengan kunjungan wisatawan hingga 32 juta orang pada 2016. Kami ingin menancapkan kehadiran kami di Thailand sebagai tour operator regional,” kata Direktur Utama dan CEO PT Destinasi Tirta Nusantara Tbk Renato Domini dalam keterangan resminya.

Renato mengatakan, ekspansi di Thailand telah dianggarkan dalam belanja modal 2017. Destinasi Nusantara mengalokasikan belanja modal sebesar Rp 14,2 miliar untuk tahun ini, salah satunya adalah untuk membuka cabang yang dapat mendukung pertumbuhan pendapatan.

Dalam kaitan ini, lanjut dia, perusahaan juga berencana mengakuisisi perusahaan berbasis di Singapura sebagai hub ekspansi di regional. Untuk meningkatkan pelayanan, perusahaan akan menambahkan armada kendaraan ukuran kecil dan medium untuk melayani permintaan wisman dalam grup-grup yang lebih eksklusif dan lebih kecil.

Pada semester I-2017, Destinasi Nusantara berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan 10% menjadi Rp 213 miliar dibanding periode yang sama tahun lalu. Peningkatan pendapatan tersebut seiring kenaikan wisman yang menggunakan jasa perusahaan sebesar 34,7% atau setara dengan 22,657 orang.

"Hal ini juga didorong oleh aktifitas country branding Wonderful Indonesia serta kinerja perseroan dalam membuka pasar dan meningkatkan kapasitas operasional," ujar dia.

Perseroan, kata Renato, menargetkan 180 ribu wisman untuk tahun 2017. "Kami perkirakan pertumbuhan kenaikan pendapatan pada kuartal III-2017 sebesar 27% dibanding periode yang sama pada tahun 2016," kata dia. kbc10

Bagikan artikel ini: