UKM RI kian berperan di perekonomian ASEAN

Senin, 14 Agustus 2017 | 08:57 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Tanah Air kian berperan penting di percaturan ekonomi ASEAN. Para UKM di negara ASEAN aktif dalam suatu wadah yang disebut Forum Small Medium Economic AFRICA ASEAN (FORSEAA).

"FORSEAA adalah jejaring pelaku UKM dari Afrika-ASEAN dan membantu UKM dalam promosi dan pemasaran, peningkatan kualitas, desain, dan branding image untuk mendapatkan akses langsung antara produsen dan konsumen serta nilai tambah yang lebih baik," tutur Deputi Sekjen FORSEAA Rita Widyasari melalui siaran persnya, Sabtu (12/8/2017).

Rita, yang juga Bupati Kutai Kartanegara ini mengatakan, UKM di ASEAN juga mengedepankan peranan wanita sebagai tokoh utama dalam meningkatkan perekonomian. "Salah satu fokus kami adalah pemberdayaan peran wanita dan remaja dalam mempercepat pembangunan ekonomi didaerah," jelas Rita.

Oleh karena itu, dia mengapresiasi sambutan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam HUT ASEAN ke-50. Saat itu Jokowi mengatakan, ASEAN harus mampu membawa manfaat sampai tingkat UKM.

"Di bidang ekonomi, ASEAN harus semakin relevan, harus semakin bermanfaat dalam menjawab berbagai tantangan di tengah melemahnya laju perekonomian global," ujar Jokowi di Sekretariat ASEAN, Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (11/8/2017).

Rita merupakan satu-satunya kepala daerah tingkat kabupaten di Indonesia yang mendapatkan kehormatan diundang Sekjen ASEAN pada Ulang Tahun ASEAN ke-50. Sebelumnya, Rita telah bekerja sama dengan Special Envoy of Seychelles for ASEAN Nico Barito dalam pembangunan wisata budaya remaja internasional bersama masyarakat asli setempat.

Rita juga pernah mengundang Sekjen ASEAN menjadi tamu kehormatan dalam acara Erau International Folklore Arts Festival 2017 di Tenggarong baru baru ini. kbc10

Bagikan artikel ini: